Tes Kepribadian: 9 Fobia Ini Menggambarkan Karakter Asli Seseorang

Apa kamu punya fobia terhadap hal tertentu? Menariknya, ternyata ada tes kepribadian sederhana berdasarkan fobia yang dimiliki seseorang.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 16 September 2023 icon 15:13 WIB
Tes Kepribadian: 9 Fobia Ini Menggambarkan Karakter Asli Seseorang

Ilustrasi wanita kaget ketakutan (Pexels/Andrea Piacquadio)

Fobia atau ketakutan yang begitu besar terhadap sesuatu dapat mengatakan banyak hal tentang karakter bawaanmu. Tak heran jika ada tes kepribadian berdasarkan fobia yang mungkin dialami seseorang.

Di antara beberapa fobia di bawah ini, adakah yang cocok denganmu?

  • Fobia badut
  • Fobia darah
  • Fobia ular
  • Fobia laba-laba
  • Fobia bicara di depan umum
  • Fobia kegelapan
  • Fobia kuman
  • Fobia keramaian
  • Fobia ketinggian

Sudah memilih di antara beberapa fobia di atas? Merangkum The Healthy, berikut maknanya.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Apa Olahan Telur Favoritmu? Ternyata Ini 6 Maknanya

Fobia Badut: Menghargai Kejujuran

Badut digambarkan sebagai simbol penipu. Orang yang takut badut biasanya menjunjung tinggi kejujuran dan mengharapkan orang-orang di sekitar mereka melakukan hal yang sama.

Sifat ini kadang bisa memudahkanmu. Dalam situasi sosial tertentu, tidak apa-apa untuk untuk menjadi 'badut' sesekali.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Apa Sushi Favoritmu? Temukan Maknanya di Sini

Fobia Darah: Tenang dan Damai

Darah umumnya diasosiasikan sebagai sesuatu yang salah sehingga mengirimkan sinyal bahaya ke otak. Jika ini masalahnya, kamu memiliki naluri protektif yang kuat dan cenderung tenang. Orang yang takut darah jika menyayangi tubuhnya dan berusaha merawat kesehatan sebaik mungkin. 

Fobia Ular: Suka Membela Orang Lain

Kamu bukan orang yang suka berdebat. Kamu adalah tipe orang yang senang membela orang lain dan berdiri tegak sebagai teman setia. Walau berbakti adalah hal yang baik, pastikan untuk menjaga keseimbangan dalam hubungan dan mencari kompromi saat dibutuhkan.

Fobia Laba-Laba: Pemimpin yang Baik

Kesadaran akutmu pada laba-laba menunjukkan kecenderungan yang mengakar untuk memimpin dan bertahan hidup. Kamu peka dengan hal-hal di sekitarmu dan bisa diandalkan.

Fobia Berbicara di Depan Umum: Perfeksionis

Ketakutan bicara di depan umum bisa dikarenakan rendahnya harga diri, mengharapkan kesempurnaan dalam segala hal, dan kecenderungan mencari persetujuan terus-menerus.

Walau suka menyendiri dan tenggelam dalam pikiranmu sendiri, bukan berarti kamu tak senang bersosialisasi. Kamu hanya lebih suka menjalin beberapa hubungan yang solid saja.

Fobia Kegelapan: Orang yang kreatif

Ketakutanmu memunculkan kreativitas dari apa yang mereka lihat dalam gelap. Kamu juga memiliki imajinasi yang terlalu aktif. Saat lampu padam, kamu langsung membayangkan sesuatu yang menakutkan.

Fobia Kuman: Berorientasi pada Detail

Para peneliti percaya bahwa fobia ini dapat dipicu oleh trauma. Penderita menjadi semakin peduli akan kebersihan, bahkan terlalu peduli.

Kamu mudah terganggu saat melihat sesuatu yang kotor atau berantakan. Kamu bahkan sampai bisa merasakan stres berat karena dan itu bisa berdampak buruk pada tubuhmu.

Fobia Keramaian: Menyukai Ruang Pribadi

Kamu punya kepribadian yang cenderung lebih berhati-hati dan waspada. Akibatnya kamu cenderung lebih sulit percaya pada apa pun.

Kamu mungkin kesulitan menjalin hubungan yang bermakna. Jangan takut untuk membuka diri dan membiarkan orang masuk ke dalam hidupmu.

Fobia Ketinggian: Kamu Sadar Diri

Baca Juga: Tes Kepribadian: Pilih 8 Hewan Buas Ini untuk Mengungkap Sisi Gelap Dirimu

Perubahan bukanlah hal yang kamu sukai. Kamu punya pola pikir sempit dan membawa identitas yang kuat. Ketinggian bisa membuatmu bingung karena rasanya seperti kehilangan orientasi tempat dan waktu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI