5 Tips Mengatasi Grogi saat Kencan Pertama, Jangan Overthinking!

Ada beberapa tips yang bisa coba diterapkan agar tidak grogi saat kencan pertama.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 04 Oktober 2023 icon 11:43 WIB
5 Tips Mengatasi Grogi saat Kencan Pertama, Jangan Overthinking!

Ilustrasi pasangan menikmati kencan romantis (Freepik/pressfoto)

Selalu ada yang pertama untuk segalanya, tak terkecuali first date dengan orang yang baru dikenal. Tak dipungkiri, momen kencan pertama kerap membikin seseorang punya banyak kecemasan hingga berujung grogi luar biasa.

Kekhawatiran berlebihan umumnya membuat seseorang melewatkan hal-hal menyenangkan dan mendebarkan ketika menjalani first date.

"First date memang penuh ketidakpastian, tapi hal tersebut nggak harus menghalangi kita bertemu dengan orang baru. Ingat, kita juga punya kendali atas pertemuan tersebut," tutur Inez Kristanti, Pakar Psikologi Klinis dan Hubungan, dikutip dari siaran pers Tinder.

Baca Juga: Mau Ketemuan dengan Teman Kencan Online untuk Pertama Kalinya? Simak 5 Tips Ini

Dia menambahkan, "Mengkomunikasikan apa yang jadi preferensi dan ekspektasi kita di depan sebelum ketemuan dapat membantu pengalaman first date jadi lebih natural dan santai."

Memang tak ada aturan khusus dalam kencan, tapi kamu dapat mencoba lebih luwes bersikap ketika mampu menangani berbagai situasi dengan mindset berikut ini:

Ilustrasi kencan online. (Pixabay/athree23)
Ilustrasi kencan online. (Pixabay/athree23)

Latih kesadaran diri atau self-awareness

Baca Juga: Tinder Luncurkan Kampanye Pencegahan Romance Scam, Ini Langkah yang Dilakukan

Kesadaran diri sangat membantu kita dalam menetapkan batasan (boundaries) dan persetujuan (consent) dalam berkencan.

"Contohnya, kita paham apa yang bikin kita nggak nyaman dan kita nggak merasa bersalah saat menyampaikan hal tersebut ke match kita. Namun, sikap terbuka dan mudah beradaptasi juga tetap dibutuhkan, karena kita akan bertemu dengan berbagai individu lewat dating apps yang mungkin belum pernah kita temui sebelumnya," papar Inez.

Percaya instingmu

Setiap kali merasa tak yakin, perhatikan perasaan tersebut. Kadang para pelaku love scam mencoba mendapatkan simpatimu demi keuntungan pribadinya, seperti uang, informasi pribadi, dan tujuan seksual. Jadi, jangan mengabaikan firasat dan instingmu.

Bersikap asertif

Insiden tak menyenangkan kerap terjadi saat kita tak mampu mengkomunikasikan batasan diri, biasanya karena mencemaskan penilaian orang lain. Padahal, sah-sah saja menentukan aturan bersama sebelum berjumpa.

"Misalnya, teman kencanmu mungkin mengajak foto bareng untuk diunggah di media sosial. Jika kamu tak nyaman akan hal ini, kamu bisa bilang, "It's okay kalau foto bareng, tapi tolong jangan upload di sosmed ya, karena aku kurang nyaman dan menjaga privasi," kata Inez.

Aku yang bayar, kamu, atau split bills?

Setiap orang mempunyai latar belakang masing-masing yang mungkin memengaruhi gaya hidupnya. Hal itu juga bisa saja berpengaruh pada preferensi terkait pilihan tempat dan ide nge-date.

Pergi ke coffee shop terdekat atau makan di restoran mewah? Mesti ditraktir temen nge-date, kamu yang bayar, atau bayar masing-masing alias split bills? Demi menghindari asumsi dan ekspektasi yang tak terpenuhi saat ketemuan, lebih baik diskusikan hal-hal ini sebelum bertemu.

Tidak perlu overthinking tentang semuanya

Sepulang kencan, kamu mungkin baru menyadari ada begitu banyak hal tak diharapkan yang telah kamu lakukan, misal cegukan setelah makan atau tidak sengaja menumpahkan minuman di meja.

Baca Juga: 5 Tanda Calon Pasangan Toxic, Bisa Diketahui Sejak Kencan Pertama

Kalau kamu bertanya-tanya soal hal pertama yang sebaiknya dilakukan setelah kencan pertama, ucapkan terima kasih pada dirimu sendiri terlebih dahulu. Apresiasi dirimu yang sudah berani untuk terbuka dengan orang baru. Setelahnya, kamu dapat melanjutkannya dengan mengirim pesan apresiasi ke teman kencanmu.

BERITA TERKAIT