Apa Itu Hoarding Disorder? Kebiasaan Menimbun Sampah yang Bikin Orang Lain Ikut Resah

Apa yang membuat seseorang bisa mengalami hoarding disorder?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 08 Oktober 2023 icon 07:31 WIB
Apa Itu Hoarding Disorder? Kebiasaan Menimbun Sampah yang Bikin Orang Lain Ikut Resah

Ilustrasi kamar berantakan parah. (Pixabay/alper omer esin)

Beberapa waktu lalu, viral video yang memperlihatkan kamar indekos seorang wanita yang dipenuhi sampah. Orang-orang kemudian menduga si penghuni mengidap hoarding disorder.

Dalam video yang dibagikan akun TikTok Marta, tampak air menggenang di lorong bangunan. Saat ditelusuri, ternyata itu berasal dari kamar seorang wanita. Kondisi kamar itu sangat kotor dan berantakan.

Baju kotor dan plastik sisa bungkus makanan juga terlihat banyak berserakan. Kekacauan serupa juga terjadi di area kamar mandi.

Baca Juga: Cara Membuat Sup Buah Pir untuk Meredakan Batuk, Ini Resepnya

"Ini kamu apa maksudnya jadi kaya gini? Apa maksudnya kayak gini, nih?" tanya orang yang merekam video itu. 

Meja berantakan. (Unsplash/Rob Bye)
Meja berantakan. (Unsplash/Rob Bye)

Setelahnya, terlihat seorang wanita yang menundukkan kepalanya. Dia mengatakan bahwa besok kamar itu akan dibersihkan. Namun, wanita itu justru diusir dari indekos tersebut.

"Kamu sengaja mau ngerusak kos ini? Keluar kamu!"

Baca Juga: Tren Curhat Mbak Taylor Viral di TikTok, Apa Itu?

Lalu, apa itu hoarding disorderHoarding disorder adalah gangguan mental di mana seseorang akan mengumpulkan barang-barang dalam jumlah yang banyak atau berlebihan dan kesulitan untuk membuangnya. Ini termasuk barang-barang yang sudah tidak memiliki nilai nyata atau bahkan merugikan kehidupan mereka.

Seorang yang mengalami hoarding disorder seringkali merasa terikat secara emosional dengan begitu banyak barang sehingga kesulitan menjaga kebersihan lingkungan yang ditinggali. 

Hoarding disorder membutuhkan penanganan yang tepat. Jika orang yang mengalaminya tidak segera mendapatkan penanganan, dia akan semakin menutup diri dari lingkungan sosial, stres berat hingga gangguan cemas.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hoarding disorder, termasuk masalah pada otak akibat operasi, riwayat keturunan, stres, dan gangguan mental lainnya seperti fobia, bipolar, dan depresi. 

Baca Juga: Viral! Pria Ini Menyulap Potongan Dress menjadi Sling Bag Cantik

Hoarding disorder umumnya diatasi dengan terapi perilaku kognitif untuk membatasi jumlah barang yang diambil dan membantu menatanya. Tentu saja, terapi ini harus dilakukan dengan pengawasan ahli kesehatan mental. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI