6 Manfaat Sayur Bayam, Kaya Nutrisi Menyehatkan

Suka makan sayuran hijau ini? Berikut beberapa manfaat sayur bayam untuk kesehatan maupun kecantikan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 10 Oktober 2023 icon 14:20 WIB
6 Manfaat Sayur Bayam, Kaya Nutrisi Menyehatkan

Ilustrasi sajian smoothies bayam (Pixabay/NatureFriend)

Bayam termasuk sayuran favorit banyak orang. Bayam rendah kalori dan kaya serat sehingga sayur ini direkomendasikan sebagai salah satu bahan makanan untuk diet.

Bayam mengandung banyak nutrisi. Bukan hanya zat besi, melainkan juga magnesium, kalium, kalsium, dan asam folat. Bayam juga kaya vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan vitamin E. Tak hanya itu, sayur bayam mengandung antioksidan seperti lutein dan zeaxathin.

Bayam ini biasa ditemui dalam makanan seperti gado-gado, pecel, dan sajian lainnya. Banyak juga orang membuat smoothies sehat dengan menggunakan sayuran hijau ini.

Baca Juga: 5 Manfaat Sayur Kubis, Bahan Makanan Murah yang Kaya Nutrisi

Lalu, apa saja manfaat sayur bayam bagi kesehatan? Dirangkum dari Alodokter, berikut beberapa di antaranya.

Ilustrasi sayur bayam (Unsplash/Louis Hansel)
Ilustrasi sayur bayam (Unsplash/Louis Hansel)

Meningkatkan imunitas

Tingginya kandungan vitamin dan mineral pada sayur bayam dikenal mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 4 Manfaat Bunga Turi, Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Mencegah anemia

Sayur bayam merupakan sumber zat besi. Namun, sayuran ini juga juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi di dalam tubuh. Guna mengakalinya, konsumsi vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi.

Menjaga kesehatan mata

Bayam mengandung karotenoid seperti beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Kandungan tersebut dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata dan menurunkan risiko terkena penyakit mata, seperti rabun senja dan degenerasi makula.

Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Sayur bayam diperkaya kandungan nitrat. Inilah mengapa konsumsi bayam dapat membantu menurunkan tekanan darah serta menekan risiko terkena gangguan jantung.

Menjaga kesehatan kulit

Kaya antioksidan, konsumsi sayur bayam juga sangat baik untuk menjaga serta melindungi kesehatan kulit, terutama mencegah efek buruk akibat paparan radikal bebas.

Meredakan peradangan

Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Saffron, Khasiatnya Semewah Harganya

Tingginya kandungan antioksidan pada sayur bayam berperan dalam melawan radikal bebas penyebab terjadinya peradangan, seperti penyakit rheumatoid arthritis. Pada penyakit ini, peradangan menyebabkan timbulnya nyeri sendi.

BERITA TERKAIT