5 Cara Mengatasi Keraguan terhadap Pasangan, Bikin Hubungan Lebih Kuat dan Solid

Bagaimana cara mengatasi perasaan ragu terhadap pasangan agar hubungan yang dijalin menjadi lebih kuat?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 11 Oktober 2023 icon 12:10 WIB
5 Cara Mengatasi Keraguan terhadap Pasangan, Bikin Hubungan Lebih Kuat dan Solid

Ilustrasi Pasangan (Pexels/Tan Danh)

Perasaan ragu pada pasangan bisa menghancurkan hubungan asmara, bahkan meski sudah terjalin lama. Bagaimana cara mengatasi keraguan tersebut?

Keraguan bisanya muncul saat ada keinginan untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius, tetapi ada hal-hal membuatmu tidak yakin.

Pada dasarnya, perasaan seperti itu adalah hal yang wajar. Namun, jika dibiarkan ada begitu saja, ini bisa berdampak buruk pada hubungan. Lebih parahnya, sebuah hubungan mungkin bisa berakhir karena keraguan yang terus membesar.

Baca Juga: 5 Cara Bikin Pasangan Kapok Selingkuh, Harus Tegas tapi Tetap Kalem

Dirangkum dari News18, ada beberapa hal yang bisa membantu mengatasi rasa ragu terhadap pasangan.

Ilustrasi Pasangan Bertengkar (Pexels/Kampus Production)
Ilustrasi pasangan bertengkar (Pexels/Kampus Production)

Cari tahu penyebab munculnya perasaan ragu itu

Apa yang membuatmu merasa ragu? Dengan memahaminya, kamu pun akan lebih tahu cara yang lebih baik untuk mengatasi keraguan tersebut.

Baca Juga: 10 Tanda Love Bombing, Pahami Bahayanya dalam Hubungan Asmara

Komunikasikan dengan pasangan

Komunikasi menjadi kunci hubungan yang sehat. Saat kamu merasa ragu dengan pasanganmu, komunikasi secara terbuka juga bisa diandalkan sebagai salah satu solusi.

Dengan mengomunikasikan keraguan dan kekhawatiranmu, kamu dan pasangan harapannya bisa menemukan solusinya bersama. Usahakan untuk tidak menghakimi pasangan saat nengungkapkan perasaanmu.

Menerima perasaan tersebut

Saat merasa ragu, jangan mengabaikan perasaan itu. Kamu justru harus menerimanya. Memang tidak ada hubungan yang sempurna. Oleh sebab itu, saat ada perasaan ragu, jangan meremehkannya.

Alihkan pikiran negatif yang muncul

Cara lain untuk mengatasi munculnya perasaan ragu terhadap pasangan adalah mengalihkannya. Kamu bisa melakukan berbagai hal untuk menambah perasaan positif seperti melatih pernapasan, teknik relakasasi, serta yoga atau meditasi. Namun, ini tidak sama dengan melarikan diri.

Jangan overthinking

Baca Juga: Ingin Liburan Double Date? Ini 3 Destinasi yang Seru Dikunjungi Bareng Bestie

Overthinking cuma bakal memperburuk situasi. Kamu sendiri juga akan menjadi lebih cemas, stres, dan tegang. Oleh karenanya, cobalah untuk tidak terlalu berpikir berlebihan. Lakukan hal-hal yang membuat diri sendiri merasa lebih baik.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI