7 Tips Mengatasi Kesepian Tanpa Pasangan, Malah Bukan Buru-Buru Cari Jodoh

Kesepian bisa dialami semua orang, termasuk mereka yang tidak punya pasangan. Bagaimana cara mengatasinya?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 19 Oktober 2023 icon 13:52 WIB
7 Tips Mengatasi Kesepian Tanpa Pasangan, Malah Bukan Buru-Buru Cari Jodoh

Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Kevin Laminto)

Berdasakan data Lunch Actually Annual Dating Survey 2021, 76 persen jomblo di Indonesia merasa kesepian. Selain status hubungan, lockdown menjadi salah satu alasan utama mereka kesepian.

Terlepas dari status seseorang, semua orang bisa mengalami kesepian. Jika seorang jomblo tidak memiliki jaringan sosial yang solid atau merasa terasing dari teman dan keluarga, mereka mungkin mengalami kesepian.

Kesepian yang kronis dapat membahayakan kesehatan mental yang mengakibatkan perasaan sedih, cemas, dan depresi.

Baca Juga: Penyebab Gangguan Mental pada Remaja, Dewasa Muda, dan Orang Tua, Ini Bedanya

Meski begitu, menjadi jomblo bukan berarti harus menanggung kesepian. Violet Lim, CEO dan co-founder Lunch Actually menawarkan tips dan teknik praktis untuk membantu para jomblo mengatasi rasa kesepian. Dirangkum dari siaran pers, berikut beberapa di antaranya:

Ilustrasi bersenang-senang bersama sahabat. (Unsplash/Yanapi Senaud)
Ilustrasi bersenang-senang bersama sahabat. (Unsplash/Yanapi Senaud)

Carilah support system dari sekelilingmu

Support system tidak terbatas pada seseorang atau orang tertentu, melainkan dapat berupa komunitas atau organisasi dengan minat yang sama denganmu. Bisa juga wadah untuk sekedar berkenalan dan berhubungan dengan orang lain yang memiliki pemikiran sama.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Suka Sendirian dan Tidak Mudah Kesepian, Ini Alasannya

Penting juga untuk mempertahankan pertemananmu saat ini. Kamu bisa menghubungi mereka, merencanakan pertemuan rutin, dan menjaga hubungan yang solid.

Manfaatkan teknologi untuk berkomunikasi

Di tengah segala kesibukan sehari-hari, tetap terhubung dengan keluarga dan teman melalui panggilan video dinilai lebih bisa menjaga hubungan daripada komunikasi teks atau suara.

Kemajuan teknologi juga memberi kesempatan virtual untuk berjejaring, bertemu orang baru, dan berpartisipasi dalam pertemuan sosial daring seperti webinar.

Terlibat dalam kegiatan masyarakat atau komunitas

Berkomitmenlah pada suatu tujuan yang penting dan dapat membantu meningkatkan nilai diri. Selain bertemu orang-orang yang berpikiran sama, membantu orang lain dapat meningkatkan kesejahteraan mentalmu.

Terlibat dalam komunitas memungkinkan kita dapat terhubung dengan orang-orang yang memiliki keinginan sama untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.

Temukan hobi dan minat baru

Carilah minat baru dan temukan kegiatan yang selalu ingin kamu coba tapi belum sempat kamu lakukan. Misalnya, kamu bisa mengikuti kelas seperti memasak, menari, dan melukis atau seminar. Ini adalah cara yang bagus untuk bertemu orang baru sambil mengejar pengembangan diri.

Berlatihlah untuk mengasihani diri sendiri

Jangan hanya terus mengkritik dirimu sendiri. Cobalah untuk berbelas kasih pada diri sendiri juga. Perlakukan diri sendiri dengan belas kasih dan pengertian, sebagaimana apa yang kamu berikan kepada orang lain.

Melakukan perjalanan seorang diri (solo traveling)

Pertimbangkan untuk bepergian sendirian ke tempat-tempat baru. Kamu mungkin akan bertemu dengan orang-orang yang menarik dan mendapat pengalaman mengasyikan.

Jangan ragu untuk pergi ke restoran, bioskop, atau acara sendirian, baik untuk makan atau melakukan aktivitas lainnya.

Carilah bantuan profesional kapan pun kamu merasa perlu

Baca Juga: Ingin Hidup Tenang dan Tenteram? Hindari 5 Tipe Orang Ini

Saat merasa membutuhkan bantuan, carilah dukungan dari seorang profesional, bisa psikolog atau terapis. Mereka akan membantumu mengatasi perasaan kesepian.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI