Hasil Survei: 76 Persen Jomblo di Indonesia Merasa Kesepian

Meski begitu, status jomblo bukan berarti harus selalu dikaitkan dengan kesepian.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 19 Oktober 2023 icon 14:14 WIB
Hasil Survei: 76 Persen Jomblo di Indonesia Merasa Kesepian

Ilustrasi perempuan mengenakan jaket denim (Pixabay/StockSnap)

Siapa pun dapat berjuang dengan masalah kesehatan mental, tak terkecuali para jomblo. Ini biasanya karena mereka tidak memiliki seseorang untuk berbagi cerita tentang kehidupan mereka.

Menurut data Lunch Actually Annual Dating Survey 2021, sebanyak 76 persen jomblo di Indonesia merasa kesepian. Selain status hubungan, lockdown menjadi salah satu alasan utama mereka merasa kesepian.

Terlepas dari status seseorang, semua orang bisa mengalami kesepian. Jika seorang jomblo tidak memiliki jaringan sosial yang solid atau merasa terasing dari teman dan keluarga, mereka mungkin mengalami kesepian.

Kesepian kronis dapat membahayakan kesehatan mental yang mengakibatkan perasaan depresi, cemas, atau sedih. Kesepian terkadang bisa terasa lebih nyata.

Perempuan sedih. (Unsplash/Aricka Lewis)
Perempuan sedih. (Unsplash/Aricka Lewis)

CEO dan co-founder Lunch Actually, Violet Lim, mengungkapkan bahwa tak sedikit kliennya yang ingin mencari pasangan ketika mereka merasa kesepian. Violet selalu menyarankan agar mereka harus siap menghadapinya daripada hanya fokus mencari seseorang untuk mengisi kekosongan dalam 'cangkir' mereka.

"Cinta bukanlah sebuah perasaan, cinta adalah sebuah komitmen. Sebagian besar, tidak semua hubungan atau pernikahan akan selalu bahagia. Akan ada saat-saat ketika seseorang merasa tidak dicintai karena konflik dan lain hal. Jika cinta adalah sebuah perasaan, mudah untuk menghentikannya dan mengakhiri hubungan tersebut," ungkap Violet Lim.

:Ketika cinta adalah sebuah komitmen, bahkan ketika keadaan terasa menjadi sulit, seseorang akan melakukan apa pun untuk menjaga hubungan tetap hidup dan membuatnya berhasil," kata Violet Lim menambahkan.

Menurutnya, orang-orang juga perlu memahami bahwa cinta bukan hanya tentang chemistry dan gairah.

"Cinta adalah tentang berada di sana untuk satu sama lain melalui suka dan duka, bukan tentang seseorang yang hanya ingin diisi tetapi saling mengisi, dan menyaksikan perjalanan hidup satu sama lain. Ketika didasarkan pada cinta seperti ini, hubungan Anda akan menjadi hubungan yang kuat dan langgeng," tandasnya

Violet Lim juga mengungkapkan beberapa cara mengatasi kesepian bagi para jomblo. Dia menyarankan untuk tetap menikmati kehidupan sambil terus mengembangkan diri, menemukan support system, hingga coba berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang bermakna, dan lebih mencintai diri sendiri.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI