Jaga Kesehatan Mental, Begini 5 Cara Menciptakan Worklife Balance

Bagaimana cara mendapatkan worklife balance di era digital?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 29 Oktober 2023 icon 10:31 WIB
Jaga Kesehatan Mental, Begini 5 Cara Menciptakan Worklife Balance

Ilustrasi karyawan bekerja. (Pexels/ThisIsEngineering)

Gen Z dikenal sebagai generasi yang paling terbuka dalam mengungkapkan isu-isu kesehatan mental. Mereka lebih terbuka berbicara tentang perasaan, kecemasan, dan kebutuhan perawatan diri tanpa rasa malu.

Hal tersebut diungkapkan Cindy Gozali selaku Founder dan CEO Jivaraga, Communication and Mindfulness Specialist. Menurutnya, keterbukaan Gen Z sangat berbeda dengan generasi sebelumnya yang cenderung menyembunyikan masalah kesehatan mental mereka.

"Dari setiap sosok yang datang dan berkonultasi, Gen Z sebenarnya lebih lantang untuk berusaha mendapatkan work-life balance," ujar Cindy, Sabtu (28/10/2023), dikutip dari siaran pers.

Baca Juga: 7 Cara Mencintai Diri Sendiri, Jangan Takut Katakan Tidak!

Lalu, bagaimana work-life balance yang benar-benar sehat?

Ilustrasi bekerja. (Pexels/Fauxels)
Ilustrasi bekerja. (Pexels/Fauxels)

Tetapkan Prioritas

Jangan FOMO semuanya mau dikerjakan atau segala aktivitas mesti diikuti. Identifikasi apa yang paling penting dalam hidup.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Apa yang Kamu Lakukan saat Melihat Minuman Seseorang Diracuni?

Jangan hanya fokus pada pekerjaan, luangkan juga waktu untuk keluarga, teman, kesehatan fisik dan mental, serta hobi.

Gunakan Teknologi dengan Bijak

Teknologi memungkinkan kita untuk selalu terhubung, tetapi juga dapat mengganggu keseimbangan. Aturlah pemberitahuan pada perangkat personal, atur waktu untuk tidak mengecek email atau media sosial pada waktu-waktu tertentu.

Komunikasi dengan Atasan dan Rekan Kerja

Komunikasi yang tidak terbuka dapat berkontribusi pada masalah kesehatan mental. Terkadang, kita perlu berbicara dengan atasan atau rekan kerja jika pekerjaan terasa terlalu menumpuk atau terdapat salah pengertian.

Pelajari Keterampilan Manajemen Waktu

Pelajari cara mengelola waktu dengan lebih efisien. Tetapkan tenggat waktu yang realistis.

Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Olah raga, makan dengan baik, tidur cukup, journaling, hingga meditasi. Jangan ragu untuk mencari support dan menerima bantuan dari orang lain terutama orang terdekat atau seorang profesional di bidangnya.

Baca Juga: Hasil Survei: 76 Persen Jomblo di Indonesia Merasa Kesepian

"Di Jivaraga, kami memiliki Workplace Wellness sebagai solusi komprehensif untuk membantu mendapatkan worklife balance. Kami memahami bahwa mengatasi kesenjangan generasi dalam hal kesejahteraan mental adalah tantangan kompleks. Keahlian kami terletak dalam menciptakan lokakarya, sesi pelatihan, dan sumber daya yang disesuaikan dengan kebutuhan unik setiap pekerja," jelas Cindy.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI