4 Tips Mendapatkan Waktu Tidur Berkualitas, Libatkan Hewan Peliharaan Kesayangan

Kehadiran hewan peliharaan bisa membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 29 Oktober 2023 icon 16:46 WIB
4 Tips Mendapatkan Waktu Tidur Berkualitas, Libatkan Hewan Peliharaan Kesayangan

Tidur bersama hewan peliharaan (Pexels/Meruyert Gonullu)

Buruknya kualitas tidur tak hanya bikin sakit kepala tetapi juga sangat berisiko bagi kesehatan secara umum. Waktu tidur juga tidak boleh kurang, apalagi sampai insomnia berkepanjangan.

Dikutip dari Independent, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di European Heart Journal, disebutkan bahwa kualitas tidur yang buruk berpotensi menyebabkan masalah kardiovaskular. Untuk meningkatkan kualitas tidur, berikut beberapa cara yang bisa coba dilakukan.

Mendengarkan Musik

Baca Juga: 10 Cara Tidur Hewan Peliharaan, Temukan Maknanya!

Musik diyakini dapat membantu mengurangi stres dan membuat tubuh lebih rileks. Namun, sangat disarankan untuk menghindari genre musik yang terlalu kencang atau terkesan berisik. Lebih baik mendengarkan instrumental suara alam, laut, atau kicauan burung. Musik instrumental bisa membantu tubuh menjadi lebih santai dan tenang.

Dibayar untuk tidur. (Unsplash/Zohre Nemati)
Ilustrasi perempuan tidur. (Unsplash/Zohre Nemati)

Latihan Pernapasan

Fungsinya adalah membantu melepaskan hormon pemicu tidur. Latihan pernapasan akan membantu menonaktifkan sistem saraf simpatik serta melibatkan bagian penting dari sistem saraf parasimpatis.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Membaca Karakter Seseorang Berdasarkan Hewan Peliharaan

Caranya pun terbilang mudah. Tutup mata, lalu tarik napas dalam-dalam ke perut bagian bawah. Tahan napas dan kontraksikan setiap otot di tubuh selama mungkin. Setelahnya, hembuskan perlahan. Ulangi sampai tiga kali.

Membelai Hewan Peliharaan

Cara meningkatkan kualitas hidup berikutnya berkaitan dengan peran hewan peliharaan kesayangan. Membelai hewan peliharaan disebut dapat melepaskan hormon oksitosin, yakni hormon anti-stres yang membantu seseorang menjadi rileks sehingga bisa merasa lebih tenang sebelum tidur.

Merendam Kaki dengan Air Hangat

Baca Juga: The Dog Copyrights: Bantu Anjing Terlantar Semudah Menyebut Namanya

Hangatnya air dan efek menenangkan yang didapat diyakini bisa memberi sinyal ke otak bahwa sudah waktunya tidur. Caranya, cukup rendam kakimu di air hangat selama 15 menit sebelum tidur.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI