Jangan Sembarangan! 4 Cara Memilih Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah

Bagaimana cara memilih tanaman hias yang tepat untuk mempercantik rumah?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 04 November 2023 icon 14:51 WIB
Jangan Sembarangan! 4 Cara Memilih Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah

Tanaman hias kaktus. (Unsplash/Lena Rose)

Beragam cara bisa dilakukan untuk mempercantik rumah, termasuk memilih tanaman hias. Bukan hanya melengkapi dekorasi rumah, ada berbagai jenis tanaman hias yang juga kaya manfaat.

Bagaimana cara memilih tanaman hias yang tepat? Merangkum Boldsky, berikut beberapa tipsnya.

Pahami utilitas ruang

Baca Juga: 5 Arti Mimpi Pindah Rumah, Bisa Jadi Pertanda Datangnya Hal Buruk

Sebelum membeli tanaman apa pun, pertimbangkan dulu di mana kamu akan menempatkannya, seberapa besar ruang yang tersedia, aliran udara yang bagus, hingga ketersediaan jumlah cahaya.

Kamu dapat meletakkan tanaman di dekat lorong, atas rak, atau depan jendela untuk sirkulasi udara yang lebih baik. Jika itu ruangan tertutup dengan aliran udara terbatas, pilih jenis tanaman hias seperti bamboo, snake plant, areca palm, atau monstera.

Tanaman lidah mertua. (Pixabay/Katerina Maglogianni)
Tanaman lidah mertua. (Pixabay/Katerina Maglogianni)

Mengatur suhu yang tepat

Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Kecombrang, Bisa Jadi Alternatif Andalan saat Diet

Tingkat kelembapan udara dan kebutuhan paparan sinar matahari setiap tanaman bisa berbeda. Tanaman tropis seperti bird of paradise, cut-leaf philodendron, atau bella palm butuh kelembapan yang cukup. Jauhkan dari radiator atau AC karena menyebabkan tanah cepat kering.

Menempatkan tanaman hias di dekat jendela yang menghadap ke barat membuatnya tumbuh lebih baik daripada ditaruh di dekat area yang menghadap ke timur. Ini karena akses cahaya yang lebih baik. Jika tanaman butuh sedikit cahaya alami, bisa taruh di dekat serambi atau jendela yang menghadap ke utara.

Tentukan ukuran tanaman yang cocok

Banyak tanaman yang perlu dirawat dan dipangkas setiap hari, sedangkan llainnya butuh lebih sedikit perawatan. Lebih baik pilih tanaman yang gampang dirawat dan tak terlalu besar.

Proporsi furnitur dan dimensi ruangan juga perlu dipertimbangkan saat menentukan penempatannya.  Tanaman hias seperti peace lily, jade plant, spider plant, dan aloe vera cenderung ringan dan gampang dipindahkan. Cukup aman untuk mendekorasi perabotan seperti rak, ambang jendela, dan permukaan meja.

Jangan malas merawat tanaman

Baca Juga: Musim Hujan Bikin Rumah Mudah Rusak, Penting Nih Lakukan 3 Hal Ini untuk Antisipasi

Tanaman hias tentu butuh perawatan dari waktu ke waktu. Apa pun jenisnya, kamu tetap perlu menyiram, memberikan pupuk yang cukup, hingga menyingkirkan daun yang mati secara berkala. Oleh karenanya, pelajari cara merawat tanaman hias agar tumbuh dengan baik dan tidak mudah mati.

BERITA TERKAIT