4 Manfaat Punya Tanaman Hias, Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental

Merawat tanaman hias juga bisa membantu memperbaiki kualitas udara.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 04 November 2023 icon 14:57 WIB
4 Manfaat Punya Tanaman Hias, Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental

Tanaman hias di rumah (Pixabay/Pasakorn Kerdsomsri)

Di masa pandemi beberapa tahun lalu, banyak orang yang mendadak senang mengoleksi tanaman hias. Mereka kebanyakan menjadikan aktivitas merawat tanaman hias sebagai salah satu cara mengusir jenuh karena harus lebih banyak di rumah.

Meski begitu, merawat tanaman hias masih menjadi salah satu hobi yang banyak digeluti hingga kini. Selain mempercantik rumah dan memberikan efek ketenangan secara batin, ada pula peluang usaha yang bisa jadi sumber pendapatan tambahan.

Manfaat tanaman hias memang cukup banyak. Merangkum unggahan akun Instagram kementerianpertanian, inilah beberapa manfaat adanya tanaman hias di rumah.

Baca Juga: 5 Arti Mimpi Pindah Rumah, Bisa Jadi Pertanda Datangnya Hal Buruk

Manfaat Tanaman Hias di Rumah

1. Memperbaiki Kualitas Udara

Tanaman di dalam ruangan sangat baik untuk membantu meningkatkan kualitas udara. Senyawa yang dikeluarkan tanaman membantu melawan polutan di udara. Dengan begitu, udara jadi lebih aman dan sehat untuk bernapas.

Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Kecombrang, Bisa Jadi Alternatif Andalan saat Diet

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem imunitas bakal juga bisa menjadi lebih baik dengan merawat tanaman hias di dalam rumah. Senyawa yang keluar dari tanaman hias dapat membantu mengurangi stres. Saat seseorang mampu mengatasi perasaan stres, pada akhirnya itu juga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Mental

Dikatakan bahwa menurut penelitian di Inggris, orang yang tinggal di sekitar alam akan merasa lebih bahagia dibanding yang tidak. Tanaman juga melepaskan oksigen dan mengambil karbon dioksida sehingga udara dalam rumah akan jadi lebih baik kualitasnya.

4. Meningkatkan Kemampuan Belajar

Keberadaan tanaman di dalam rumah juga membantu meningkatkan kemampuan belajar. Ini karena pikiran yang menjadi lebih jernih sehingga meningkatkan fokus.

Baca Juga: Musim Hujan Bikin Rumah Mudah Rusak, Penting Nih Lakukan 3 Hal Ini untuk Antisipasi

Itulah beberapa manfaat tanaman hias yang mungkin ingin kamu ketahui. Apakah kamu jadi tertarik mencoba merawat tanaman hias di rumah?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI