7 Manfaat Daun Kemangi, Lalapan Sehat Favorit Banyak Orang

Suka makan daun kemangi sebagai lalapan? Ternyata ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 07 November 2023 icon 17:41 WIB
7 Manfaat Daun Kemangi, Lalapan Sehat Favorit Banyak Orang

Daun kemangi (Pixabay/Jill Wellington)

Kamu mungkin termasuk orang yang senang menyantap daun kemangi sebagai lalapan. Punya rasa dan aroma khas, manfaat daun kemangi untuk kesehatan ternyata cukup banyak.

Berkat kandungan antioksidan, minyak atsiri, magnesium, dan berbagai nutrisi lainnya, daun kemangi baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Dirangkum dari WebMD, inilah beberapa manfaat daun kemangi.

Mencegah kanker

Baca Juga: 5 Manfaat Jahe, Bukan Hanya Ampuh Menghangatkan Tubuh

Salah satu jenis kemangi yang disebut tulsi mengandung fitokimia, senyawa yang bagus untuk mencegah kanker, seperti kanker paru-paru, kanker hati, kanker mulut, dan kanker kulit.

Daun kemangi (Pixabay/Alicja)
Daun kemangi (Pixabay/Alicja)

Mengatur kadar gula darah

Daun kemangi aman dikonsumsi mereka yang memiliki kadar gula darah tinggi atau menderita diabetes. Sebuah penelitian mengungkap bahwa ekstrak daun kemangi mampu menekan kadar gula darah dalam tubuh. Kemangi juga disebut dapat meredakan efek jangka panjang dari darah tinggi.

Baca Juga: 4 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Perawatan Kecantikan, Bantu Mencerahkan Wajah

Mencegah penyakit jantung

Kandungan eugenol pada kemangi berperan memblokir saluran kalsium yang membantu menurunkan tekanan darah. Ini juga sekaligus menekan produksi kolesterol dan trigliserida.

Kondisi tersebut kemudian bisa membuatmu lebih terlindungi dari risiko penyakit jantung. Kandungan magnesium pada daun kemangi juga membantu melancarkan aliran darah dengan membuat otot dan pembuluh darah lebih rileks.

Membantu menjaga kesehatan mental

Ada berbagai senyawa dalam daun kemangi yang bisa membantu meredakan kecemasan dan depresi. Daun kemangi juga akan membantumu berpikir lebih jernih.

Mengurangi peradangan

Manfaat dau kemangi lainnya berasal dari kandungan minyak atsiri. Dengan eugenol, linalool, dan citronellol di dalamnya, kemangi bermanfaat membantu melawan peradangan pada tubuh, termasuk membantu meredakan beragam kondisi seperti radang sendi, penyakit jantung, hingga masalah usus.

Memberikan perlindungan terhadap infeksi

Daun kemangi juga punya sifat antibakteri. Konsumsinya baik untuk membantu melawan bakteri penyebab infeksi pernapasan, kulit kemerahan, dan masalah pencernaan.

Membantu mencerahkan kulit

Baca Juga: 4 Manfaat Seledri untuk Perawatan Rambut, Mengatasi Kerontokan hingga Ketombe

Pori-pori yang tersumbat membuat membuat kulit tampak  kusam. Rupanya, daun kemangi bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit satu ini, yakni dijadikan sebagai masker bersama air mawar. Kulit yang bersih akan tampak lebih cerah dan sehat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI