Hubungan Asmara Belum Dapat Restu Orangtua? Lakukan 8 Langkah Ini

Kamu bisa coba melakukan beberapa hal di bawah ini untuk mendapatkan restu orangtua.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 08 November 2023 icon 13:19 WIB
Hubungan Asmara Belum Dapat Restu Orangtua? Lakukan 8 Langkah Ini

Ilustrasi bertemu keluarga pasangan atau calon mertua. (Shutterstock)

Hubungan asmara memang tak selalu mulus. Salah satu masalah yang kerap dihadapi pasangan adalah sulitnya mendapat restu orangtua atau calon mertua.

Banyak pasangan memutuskan menyerah karena tak kunjung mendapat restu. Namun, tak sedikit pula yang terus berjuang dengan segala upaya.  Dirangkum dari Afrinik, inilah beberapa langkah yang bisa dilakukan jika cintamu belum mendapat restu.

1. Jangan terlalu berusaha bersikap baik sehingga kesannya malah berlebihan

Baca Juga: 8 Tanda Pria Ingin Melamar Kekasihnya, Diam-Diam Beli Cincin Tunangan?

Sikap yang berlebihan malah akan menimbulkan kesan bahwa bahwa kamu terpaksa melakukannya. Cobalah tunjukkan sikap manis dan baik kepada orang tua pasangan secara natural. Buat mereka menyukaimu secara perlahan.

Ilustrasi simbol cinta. (Unsplash/Rhand McCoy)
Ilustrasi simbol cinta. (Unsplash/Rhand McCoy)

2. Hormati batasan mereka

Walau kesal karena tak kunjung mendapat restu, cobalah untuk selalu menghormati batasan mereka. Tunjukkan sikap hormat setiap bertemu. Buat mereka merasa dihargai sehingga mulai membuka hati.

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Pacar Bad Mood, Ini yang Bisa Dilakukan Pria untuk Pasangannya

3. Tunjukkan rasa sayang ke anaknya

Salah satu cara terbaik untuk mendapat restu calon mertua adalah membuktikan bahwa kamu mencintai anaknya dengan tulus. Mereka berhak tahu bagaimana anaknya benar-benar disayangi dan diperlakukan dengan baik.

4. Ungkapkan impian dan harapan masa depan

Jelaskan rencanamu dan pasangan jika direstui hidup bersama. Tunjukkan keseriusanmu di depan orangtua pasangan.

5. Hindari topik sensitif

Sebisa mungkin hindari topik-topik yang hanya akan membuatmu adu argumen dengan orangtua pasangan. Lebih baik pilih topik yang menyenangkan dan enak untuk dibicarakan.

6. Jujur tentang diri sendiri

Jangan sekali-kali berbohong saat mengobrol dengan orangtua pasangan. Jujur saja saat menceritakan tentang dirimu dan kehidupanmu. Hal ini akan membuat mereka mengenal dirimu yang sesungguhnya.

7. Selalu kendalikan dirimu

Kendalikan dirimu saat berinteraksi dengan orangtua pasangan. Cobalah untuk tidak terlalu cemas atau emosional. Jangan sampai cara bicara maupun bahasa tubuh yang menyinggung perasaan mereka.

8. Pertahankan komitmen

Baca Juga: Pasanganmu Pelaku Gaslighting? Simak 4 Cara Lepas dari Hubungan Asmara Tidak Sehat

Jika sudah berbicara mengenai suatu hal, cobalah untuk berkomitmen pada hal tersebut. Artinya, jangan sampai dalam proses meluluhkan hati orangtua pasangan, kamu lepas tanggung jawab. Hal seperti itu hanya akan menimbulkan rasa kecewa yang membuat mereka semakin tidak suka padamu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI