5 Manfaat Melinjo untuk Kesehatan, Baik untuk Merawat Kulit hingga Ginjal

Apa saja manfaat melinjo yang kerap ada dalam berbagai hidangan sayur sehari-hari ini?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 09 November 2023 icon 20:15 WIB
5 Manfaat Melinjo untuk Kesehatan, Baik untuk Merawat Kulit hingga Ginjal

Sayur melinjo (Pixabay/Febe Gracia)

Kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan melinjo. Banyak orang mengolahnya sebagai bahan makanan untuk membuat sajian sayur asam, lodeh, hingga aneka oseng-oseng.

Rupanya, melinjo termasuk bahan makanan kaya nutrisi, termasuk tinggi kandungan antioksidan dan bagus dikonsumsi untuk meningkatkan stamina.

Tahukah kamu apa saja manfaat melinjo untuk kesehatan? Kandungan protein dalam melinjo juga bisa membantu menangkal radikal bebas yang memicu berbagai penyakit seperti hipertensi, kolesterol tinggi, penyempitan pembuluh darah, penuaan dini, dan lainnya.

Baca Juga: Resep Sayur Lodeh, Seenak Bikinan Warung Kopi Klotok Jogja

Ilustrasi wajah cerah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)
Ilustrasi wajah cerah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)

Apa lagi manfaat melinjo untuk kesehatan? Dilansir dari Hello Sehat, berikut beberapa khasiat melinjo yang mungkin belum kamu ketahui.

Membantu menjaga kesehatan otak

Kulit melinjo disebut bisa mencegah dan mengatasi efek buruk radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas sendiri selama ini diketahui bisa memengaruhi fungsi saraf dan otak.

Baca Juga: 7 Manfaat Sayur Rebung, Tunas Bambu Kaya Nutrisi

Membantu pertumbuhan

Zat mineral dalam kulit melinjo ternyata juga bermanfaat membantu mencegah timbulnya masalah pada sistem otot dan tulang sekaligus menjaga kesehatan jantung.

Menjaga suhu tubuh

Konsumsi melinjo dan kulitnya dikatakan bisa membantu tubuh untuk menjaga suhunya agar tetap stabil. Hal ini dilakukan dengan cara mempertahankan fungsi metabolisme serta enzim supaya tetap stabil, termasuk saat berada di lingkungan bersuhu ekstrem.

Membantu menjaga kesehatan kulit

Salah satu masalah kulit yang paling sering dikeluhkan adalah jerawat. Nah, siapa sangka melinjo dan kulitnya ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat.

Baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal

Baca Juga: Manfaat Sayur Kale, Baik untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Manfaat melinjo juga berkaitan dengan organ ginjal. Kandungan fosfor pada kulit melinjo membantu mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh, termasuk mengatur kadar garam dan lemak serta membantu fungsi ginjal untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI