Perayaan Hari Ibu 2023, Ini Tema yang Diusung dan Rangkaian Acaranya

Perayaan Hari Ibu 2023 mengusung tema besar Perempuan Berdaya Indonesia Maju.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 11 November 2023 icon 20:15 WIB
Perayaan Hari Ibu 2023, Ini Tema yang Diusung dan Rangkaian Acaranya

Ibu dan anak (Pixabay/Jupi Lu)

Peringatan Hari Ibu (PHI) 2023 bakal bertepatan dengan tahun politik. Memanfaatkan momen tersebut, PHI tahun ini akan spesifik dijadikan momen untuk meningkatkan peran serta perempuan.

PHI 2023 tetap mengusung tema besar "Perempuan Berdaya Indonesia Maju", tetapi dengan subtema yang difokuskan dalam empat hal lainnya.

"PHI ke-95 tahun 2023 ini memiliki empat subtema yang saling terkait untuk membingkai semangat dan gerakan perempuan, yaitu perempuan bersuara, perempuan berdaya dan berkarya, perempuan perduli, perempuan dan revolusi," kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (10/11/2023), dikutip dari Suara.com.

Baca Juga: Brand Lokal Bisa Ekspansi ke Luar Negeri, Begini Caranya

Ada pun rangkaian PHI 2023 terdiri dari kegiatan pembukaan merayakan perempuan di Istora Senayan pada 14 November 2023. Kegiatan itu direncanakan menghadirkan sekitar 7.500 perempuan dari berbagai profesi, kalangan, dan usia sebagai ekspos kemajuan perempuan sebagai sumber daya potensial pembangunan.

"Melalui kegiatan ini diharapkan menjadi ruang uuntuk menunjukkan kepada publik tentang kekuatan perempuan sebagai pilar yang berkontribusi mencapai kemajuan dan kejayaan bangsa," tutur Bintang.

Ada juga roadshow PHI di tiga kota, yakni Manokwari (18 November 2023), Aceh (22 November 2023), dan Bali (16 Desember 2023). Kegiatan itu menjadi miniatur dari agenda merayakan perempuan yang dilaksanakan di daerah. Pemilihan tiga kota tersebut diharapkan dapat mewakili representasi wilayah Indonesia bagian timur, tengah, dan barat.

Baca Juga: Tika Bravani Berbagi 5 Tips Siapkan Pendidikan Anak Sejak Dini

Kegiatan ziarah juga akan dilaksanakan ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, yakni pada 14 Desember 2023.

"Dalam PHI ke-95, ini kami juga akan menggagas penyusunan buku 95 inspiratif perempuan yang bertujuan untuk mengangkat profil perempuan tangguh di bidangnya dan menginspirasi. Buku ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada publik atau masyarakat bahwa banyak perempuan berprestasi bahkan berkontribusi melalui dedikasi yang luar biasa yang telah banyak membantu keberhasilan pembangunan," kata Bintang memaparkan.

Baca Juga: Tanda Anak Alami Kekerasan Seksual yang Bisa Orangtua Kenali

Bintang berharap, PHI tidak hanya sebagai selebrasi, tetapi harus menjadi motivasi komponen bangsa, khususnya perempuan, untuk tidak berpuas diri dengan apa yang telah diraih saat ini.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI