6 Tips Menyusui di Tempat Umum, Begini Triknya agar Ibu dan Bayi Lebih Nyaman

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat perlu menyusui di tempat umum.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 14 November 2023 icon 13:40 WIB
6 Tips Menyusui di Tempat Umum, Begini Triknya agar Ibu dan Bayi Lebih Nyaman

Ilustrasi ibu menyusui (Freepik/freepic.diller)

Ada kalanya bagi seorang ibu untuk menyusui anak di tempat umum. Selain harus segera memenuhi kebutuhan sang anak, kenyamanan ibu menyusui juga perlu diperhatikan.

Menyusui di tempat umum memang butuh trik tertentu demi kenyamanan ibu maupun bayi. Merangkum Halodoc, inilah beberapa tips yang bisa diterapkan.

1. Latihan untuk Menyusui di Tempat Umum

Baca Juga: Serentak di 5 Kota, Begini Keseruan Festival Smart Mom

Perlu beberapa trik khusus untuk menutupi payudara supaya tidak menarik perhatian orang lain. Ibu bisa latihan dulu di rumah supaya lebih siap saat harus menyusui di tempat umum.

Caranya, berlatihlah di depan cermin untuk melihat posisi seperti apa yang paling efektif melindungi bagian pribadi ketika menyusui.

Ilustrasi ibu menyusui. (Unsplash/Kevin Liang)
Ilustrasi ibu menyusui. (Unsplash/Kevin Liang)

2. Memilih Pakaian yang Sesuai

Baca Juga: Kesal Anaknya Mirip Suami Semua, Begini Kocaknya Kelakuan Alice Norin

Saat ingin bepergian ke luar rumah, sebaiknya pilih busana yang ramah ibu menyusui. Baju khusus menyusui adalah pilihan terbaik.

Kemeja bisa jadi alternatif karena kancing-kancingnya mudah dibuka. Ibu juga dapat memakai  baju dua lapis dan mengenakan nursing cover sebagai penutup saat menyusui.

3. Perhatikan Kenyamanan Bayi

Buat bayi merasa nyaman. Kamu bisa menggunakan nursing cover kadang bisa membikin bayi kesulitan bernapas. Coba pilih jenis penutup yang dapat memberikan ruang yang cukup untuk si kecil bernapas di dalamnya.

4. Pakai Bra Khusus Menyusui

Bra khusus menyusui punya cup yang gampang dibuka cuma dengan menggunakan satu tangan. Namun, ibu tetap perlu dua tangan untuk memasangnya kembali.

Oleh karenanya, ibu perlu berlatih untuk mengenakannya bra khusus menyusui. Saat ini, sudah ada banyak model bra yang bisa dipilih sesuai kenyamanan ibu.

5. Mencari Tempat yang Tepat

Kalau tempat yang didatangi tak punya ruang laktasi, carilah area yang tidak terlalu ramai untuk ibu tetap memiliki privasi dan nyaman saat menyusui.

Ibu bisa memilih tempat duduk paling pinggir di sebuah restoran, mencari sudut tempat duduk di balik tanaman, dan lainnya. Hanya saja, hindari menyusui di toilet karena tidak nyaman untuk bayi maupun ibu.

6. Bersikap Wajar Saja

Baca Juga: Biilie Eilish Bikin Pengakuan Menghebohkan, Lebih Baik Mati ketimbang Tidak Bisa Hidup Menjadi Ibu

Lakukan aktivitas menyusui dengan sikap yang sewajarnya saja supaya tidak menarik perhatian orang-orang. Bungkukkan badan dengan santai ketika membuka baju dan memasukkan puting ke mulut bayi. Jika sudah selesai, segera rapikan baju dan kembali menegakkan badan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI