Jomblo Juga Berhak Bahagia, Lakukan 6 Langkah Cerdas Ini

Status jomblo bukan alasan untuk selalu bersedih dan menganggap dirimu tidak pantas bahagia.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 14 November 2023 icon 14:30 WIB
Jomblo Juga Berhak Bahagia, Lakukan 6 Langkah Cerdas Ini

Ilustrasi bahagia. (Unsplash/Gian Cescon)

Hari Jomblo Sedunia pada 11 November berawal dari gerakan mengharukan yang diprakarsai oleh para mahasiswa yang ingin melawan tekanan sosial untuk menjalin hubungan asmara. Mereka mulai merayakan Hari Jomblo pada awal era 1990-an.

Hari Jomblo awalnya dibuat untuk merayakan kegembiraan dan kebebasan menjadi lajang. Tanggal 11.11 sendiri dinilai bisa mewakili gambaran hidup seorang diri.

Apa yang seharusnya dilakukan para jomblo di saat perayaan Hari Jomblo?

Baca Juga: Apa Itu Private Relationship? Ternyata Ini 3 Manfaatnya

Violet Lim, CEO dan Co-Founder Lunch Actually, pelopor biro jodoh terbesar di Asia, mengungkapkan bahwa jumlah jomblo di Indonesia selalu tinggi setiap tahunnya, tetapi hanya sedikit di antara mereka yang menikmati masa lajang tersebut. Tahun 2021, dari 65% jomblo di Indonesia, hanya 7% yang menikmati masa lajang.

Violet Lim menganjurkan para jomblo untuk melakukan beberapa hal agar bisa meningkatkan value diri. Dikutip dari siaran pers, berikut uraiannya.

Ilustrasi bahagia. (Unsplash/Hian Olivera)
Ilustrasi bahagia. (Unsplash/Hian Olivera)

Refleksikan diri sendiri sebelum melakukan sesuatu

Baca Juga: 4 Bahaya Backburner Relationship, Bisa Memicu Stres dan Trauma

Petiklah pelajaran dari kesalahan di masa lalu dan lakukan refleksi diri. Luangkan waktu untuk merenungkan kembali pencapaian hidup dan membuat penyesuaian dalam hal tujuan dan strategi yang diperlukan.

Hal ini dapat membantu kamu untuk tetap berada di jalur yang benar dan tidak merasa menyesal setelahnya.

Merawat dan mencintai diri sendiri

Pastikan kamu menjaga kesehatan fisik dan mental. Olahraga teratur, pola makan yang seimbang, dan teknik relaksasi dapat meningkatkan energi positif dan melatih fokus.

Melakukan makeover pribadi dan perawatan diri juga dapat membantu. Daripada menghabiskan terlalu banyak uang untuk hal-hal yang tidak perlu, makeover pribadi seperti ganti dengan gaya rambut baru, spa, perawatan kuku, dan lainnya, cenderung mengurangi stres para jomblo.

Tanamkan rasa ingin tahu dan siap menerima tantangan

Memupuk rasa ingin tahu dan menanamkan pikiran yang terbuka, dapat membantu para jomblo untuk tidak merasa kesepian. Temukan minat baru dan terbuka untuk belajar dari pengalaman baru.

Menghadapi tantangan atau kegagalan merupakan bagian dari proses pertumbuhan. Guru terbaik adalah pengalaman kita sendiri. Belajarlah dari kesalahan masa lalu dan teruslah melangkah maju demi bisa menjadi versi terbaik dari diri sendiri.

Menjalin komunikasi dengan orang yang berpikiran sama

Bergaulah dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Bergabunglah dengan klub, kelompok, atau komunitas yang membuatmu tidak merasa sendirian.

Berhubungan dengan orang lain yang memiliki minat sama juga bisa memotivasi dan memberikan perspektif baru.

Berlatihlah untuk selalu bersyukur dan merayakan kemenangan kecil

Ketika sedang sendirian, kita mungkin sering mengingat pengalaman negatif yang pernah terjadi. Jangan fokus pada hal-hal negatif tersebut!

Cobalah untuk merenungkan hal-hal positif dalam hidup dan ungkapkan rasa syukur atas apa yang telah dilalui. Jangan lupa untuk mengakui dan merayakan pencapaian di sepanjang perjalanan hidup. Afirmasi positif ini dapat membantu menjaga motivasi hidup.

Rencanakan masa depan dan buat list visi

Baca Juga: 9 Tips Menghadapi Pacar Posesif, Kuncinya Mau Saling Kompromi

Daripada mengomel dan menyesali apa yang telah terjadi di masa lalu, gunakanlah waktumu untuk merencanakan masa depan, menetapkan tujuan keuangan, atau membuat peta perjalanan karir. Buatlah list visi atau jurnal untuk visualisasikan impian dan aspirasi kamu di masa depan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI