Arti Break dalam Hubungan Asmara, Jangan Disamakan dengan Putus Cinta

Bukan sepenuhnya putus, apa arti break dalam hubungan asmara?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 15 November 2023 icon 17:11 WIB
Arti Break dalam Hubungan Asmara, Jangan Disamakan dengan Putus Cinta

Ilustrasi pasangan romantis (Pixabay/Tien Vu)

Dalam sebuah hubungan asmara, wajar jika ada masa di mana timbul rasa jenuh, baik dari diri kita sendiri ataupun pasangan. Sebagian pasangan mengatasi kejenuhan tersebut dengan memilih break. Namun, apa arti break dalam sebuah hubungan?

Tidak sedikit orang yang masih salah dalam memaknai arti break dalam hubungan. Banyak orang mengartikannya sebagai putus. Kata break juga kadang digunakan sebagai momen untuk diam-diam mencari pasangan lain.

Seperti yang dirangkum Dewiku.com dari berbagai sumber, kata break dalam bahasa Inggris memiliki arti yang sangat luas, seperti merusak, jeda/istirahat, atau berhenti. Namun, arti break dalam hubungan cenderung mengarah pada jeda atau istirahat.

Baca Juga: Kelakuannya Bahaya Banget, 4 Zodiak Ini Berpotensi Jadi Orang Ketiga

Meski sepele, istilah ini mesti dipahami oleh setiap pasangan yang sedang menjalin hubungan asmara. Dengan begitu, kamu dan pasangan bisa menjadi lebih dewasa dalam menghadapi berbagai persoalan.

Ilustrasi pasangan romantis (Pexels/Min An)
Ilustrasi pasangan romantis (Pexels/Min An)

Break bisa menjadi opsi saat hubungan berada dalam masalah yang pelik. Momentum ini bisa menjadi dimanfaatkan untuk introspeksi diri, memperbaiki diri, dan merenungkan tujuan awal menjalin kasih bersama pasangan.

Sebuah hubungan asmara pasti mengalami banyak sekali rintangan, ujian, dan cobaan. Permasalahan tersebut dapat disebabkan berbagai faktor.

Baca Juga: Punya Teman Jomblo? Ini 6 Cara Terbaik untuk Membahagiakan Mereka

Masalahnya bisa dari faktor internal, seperti pasangan yang egois, kekanak-kanakan, hingga adanya kesulitan untuk berdamai dengan masa lalu.

Faktor eksternal umumnya berkaitan dengan restu orang tua hingga perbedaan budaya dan agama. Saat hal-hal tersebut menjelma ujian yang seolah tiada habisnya, break dapat menjadi pilihan untuk mengatasinya.

Kamu mungkin merasakan begitu banyak emosi yang terpendam saat berada dalam hubungan, misal menahan marah, kesal, sedih, dan kecewa dengan pasangan.

Masa jeda bisa kamu gunakan untuk menenangkan diri sendiri dan mencoba berdamai dengan keadaan. Harapannya, saat kembali berhubungan, emosi kamu sudah lebih terkontrol sehingga mampu mengungkapkan isi hatimu sesungguhnya kepada pasangan.

Baca Juga: Jomblo Juga Berhak Bahagia, Lakukan 6 Langkah Cerdas Ini

Itulah sedikit pembahasan mengenai arti break dalam hubungan asmara. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu dan pasangan sedang mempertimbangkan untuk rehat dulu? (*Muhamad Iqbal Fathurahman)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI