Juara Jagoan Pariwisata 2023 Siap Dorong Pertumbuhan Desa Wisata

Potensi desa wisata di berbagai daerah harus terus dieksplorasi.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 16 November 2023 icon 16:45 WIB
Juara Jagoan Pariwisata 2023 Siap Dorong Pertumbuhan Desa Wisata

Ilustrasi keindahan desa wisata (Pixabay/Tuan Hoang)

Setelah melaksanakan pembinaan dan kompetisi pada September lalu, program Jagoan Pariwisata 2023 telah mencapai puncaknya. Pengumuman serta penganugerahan kepada para pemenang telah dilaksanakan pada Rabu (15/11/2023).

Jagoan Pariwisata merupakan hasil kolaborasi yang dikemas dalam bentuk lokakarya edukatif antara tiket.com dan Kemenparekraf RI, serta ditujukan bagi para pelaku desa wisata di bawah naungan Jejaring Desa Wisata (JADESTA).

Pada pelaksanaannya di tahun kedua, kegiatan ini berhasil melibatkan 46 unit bisnis dari pelaku desa wisata termasuk Desa Wisata Undisan di Bangli (Bali), Desa Wisata Sudaji di Buleleng (Bali), Desa Wisata Semen di Blitar (Jawa Timur), Desa Wisata Selasari di Kabupaten Pangandaran (Jawa Barat), dan Desa Wisata Dieng Kulon di Kabupaten Banjarnegara (Jawa Tengah).

Baca Juga: Tahun 2024 Hindari 9 Destinasi Wisata Ini, Jangan Sampai Berujung Kecewa

Ilustrasi liburan di pantai (Pixabay/Igor Ovsyannykov)
Ilustrasi liburan di pantai (Pixabay/Igor Ovsyannykov)

Mengangkat tema "Empowering Local Champion for Sustainable Growth", tiket.com mengajak pelaku usaha desa wisata untuk meningkatkan kapabilitas usahanya agar dapat menerapkan prinsip berkelanjutan (sustainable).

"Program Jagoan Pariwisata adalah sesuatu yang luar biasa dan dapat menjadi program yang berkelanjutan. Kami percaya kegiatan ini akan memberikan kontribusi tidak hanya bagi para peserta namun juga pada industri pariwisata di Indonesia," ujar Dudi Arisandi, Chief People Officer tiket.com, dikutip dari siaran pers.

Rangkaian kegiatan Jagoan Pariwisata 2023 ini akhirnya menghasilkan empat pemenang dari berbagai kategori.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Tempat Wisata di Asia Tenggara, Cocok untuk Solo Traveling

Kategori Best Homestay dimenangkan oleh Mandhasativa yang berlokasi di Desa Sudaji, Buleleng, Bali. Kategori Best Digital Creative disabet Keripik Kentang Lara di Desa Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Kategori Best Tourist Attraction diraih Kampung Semai yang terletak di Desa Semen, Blitar, Jawa Timur. Terakhir, Kategori Best BeTiDeWi berhasil diperoleh TPST Saling Peduli yang berada di Desa Selasari, Pangandaran, Jawa Barat. 

Sementara itu, Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia mengungkapkan, "Program Jagoan Pariwisata merupakan program yang sangat dekat, kolaboratif dan inspiratif untuk mendorong pertumbuhan Indonesia. Jagoan Pariwisata juga merupakan salah satu kolaborasi yang kami apresiasi dengan baik karena dapat menciptakan dan mengembangkan UMKM yang siap digital atau Go Digital."

Baca Juga: Rebound Travel Makin Populer, Industri Pariwisata Terus Tumbuh

Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com menambahkan, "Area-area di desa wisata bisa terus kita kembangkan. Hal tersebut juga menjadi fokus area yang akan dikembangkan oleh tiket.com. Kami yakin kesuksesan ini bisa menjadi inspirasi dan dapat membuka pintu bagi pelaku usaha desa wisata lainnya."

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI