7 Cara Mengatasi Sakit Hati Cinta Ditolak, Jangan Nekat Aneh-Aneh!

Sakit hati gara-gara cinta ditolak? Simak beberapa tips untuk mengatasinya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 20 November 2023 icon 14:45 WIB
7 Cara Mengatasi Sakit Hati Cinta Ditolak, Jangan Nekat Aneh-Aneh!

Ilustrasi perempuan patah hati. (Shutterstock)

Tidak semua kisah asmara berakhir bahagia. Ada juga kalanya seseorang mau tak mau merasakan pedihnya sakit hati karena cinta ditolak atau bertepuk sebelah tangan.

Sakitnya patah hati tak bisa diabaikan begitu saja. Pasalnya, tak sedikit yang sampai mengganggu kehidupan sehari-hari. Bagaimana cara menghadapi fase tidak membahagiakan ini? Dirakum dari Psychologia, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan.

1. Menerima penolakan tersebut

Baca Juga: Apa Itu Hopeless Romantic? Ketahui 5 Tanda Kamu Mengalaminya

Walau tidak mudah, cobalah untuk menerima kenyataan bahwa pujaan hati tidak punya perasaan yang sama seperti. Percayalah bahwa akan ada sosok yang lebih baik di kemudian hari.

Ilustrasi patah hati. (Unsplash/Kelly Sikkema)
Ilustrasi patah hati. (Unsplash/Kelly Sikkema)

2. Melakukan aktivitas fisik

Ada cara positif untuk mengalihkan perhatianmu dari sakit hati karena cinta ditolak. Melakukan aktivitas fisik akan sangat membantumu melupakan penolakan yang menyakitkan. Ini membuatnya tidak terus-menerus larut dalam kesedihan.

Baca Juga: Arti Break dalam Hubungan Asmara, Jangan Disamakan dengan Putus Cinta

3. Jangan salahkan dirimu sendiri

Saat hanyut dalam kesedihan dan terus menyalahkan diri sendiri saat cinta ditolak. Penolakan ini terjadi karena dia memang tidak memiliki perasaan yang sama.

4. Mencoba lakukan hal baru

Mencoba hal baru juga bisa menjadi cara untuk mengatasi pedihnya sakit hati cinta ditolak. Ini membantumu lebih fokus pada hal-hal menyenangkan yang menarik minatmu.

5. Pergi traveling

Kamu bisa mengambil libur kerja selama beberapa hari untuk melakukan perjalanan ke suatu tempat wisata. Traveling bisa menjadi salah satu cara mengalihkan rasa sedihmu.

6. Mengizinkan dirimu sendiri untuk bertemu orang baru

Cobalah melakukan aktivitas positif yang memungkinkan kamu bertemu dengan orang-orang baru. Meski bukan berarti buru-buru cari sosok pengganti, ini bisa membuatmu tidak terlalu fokus pada sakit hati karena penolakan.

7. Menjalani konseling

Baca Juga: Harus Tahu! 8 Tips Membangun Kesan Baik saat Pertama Kali Bertemu Orang Tua Pasangan

Jika sakit hari yang kamu rasakan memang sudah sangat mengganggu kehidupan sehari-hari,  tak ada salahnya mencari bantuan profesional. Konseling dapat menjadi salah satu cara untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan emosional yang kamu miliki.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI