Pengertian Abusive Relationship, Ketahui 5 Tanda Hubungan Tak Sehat Ini

Apa itu abusive relationship? Pahami tanda-tanda abusive relationship yang perlu diwaspadai.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 22 November 2023 icon 11:30 WIB
Pengertian Abusive Relationship, Ketahui 5 Tanda Hubungan Tak Sehat Ini

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)

Abusive relationship adalah hubungan di mana salah satu pihak berusaha menguasai dan mengendalikan pihak lainnya dengan perilaku negatif. Perlakuan tak menyenangkan bisa berupa ancaman  intimidasi secara emosional, finansial, seksual, dan fisik.

Abusive relationship bisa saja menimpa pria dan wanita, baik dalam hubungan pacaran maupun kehidupan rumah tangga. Abusive relationship bahkan bisa berujung kekerasan dalam rumah tangga. Maka dari itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda abusive relationship di dalam sebuah hubungan.

Nah, berikut ini Dewiku.com rangkum tanda-tanda apabila kamu berada di dalam abusive relationship dari berbagai berbagai sumber.

Baca Juga: Korban KDRT Sulit Lepas dari Jerat Pelaku, Waspadai 4 Fase Siklus Kekerasan

Tidak bebas dalam berkomunikasi dengan orang lain

Ini merupakan tanda awal kamu berada dalam abusive relationship yang perlu diwaspadai. Pasangan biasanya akan selalu memantau dan mengontrol komunikasi sehingga membuatmu tidak bebas berinteraksi dengan orang lain.

Waspada jika pasanganmu mulai berani membaca pesan elektronik atau history chat di media sosialmu dengan orang lain.

Baca Juga: Pahami 6 Pola Pelecehan Verbal dalam Hubungan Asmara, Jangan Disepelekan!

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)

Pasangan membatasi dirimu berhubungan dengan orang lain

Orang yang abusive biasanya berupaya menjauhkanmu dari orang-orang terdekat bahkan keluarga. Dia akan melarangmu dekat dengan orang lain.

Bahkan parahnya, dia bisa menyebarkan kabar bohong atau fitnah tentang dirimu agar orang-orang tak mau dekat denganmu.]Berada dalam paksaan pasangan.

Disadari atau tidak, pasangan yang abusive biasanya memaksamu melakukan hal-hal yang diinginkannya. Dimulai dari memintamu mengenakan pakaian yang ia sukai, menuntutmu untuk selalu menghabiskan waktu dengan dia, atau bahkan memaksamu berhubungan intim. Paksaan ini bisa datang dengan ancaman, baik secara fisik maupun verbal.

Sering mendapatkan kekerasan emosional

Kekerasan emosional atau psikologis jadi salah satu tanda abusive relationship  yang cukup sulit untuk dikenali. Ketika mendapatkan perlakuan ini, kamu seringkali tidak menyadari bahwa itu adalah bentuk kekerasan emosional.

Biasanya pasangan sering mempermalukanmu, baik di tempat umum maupun ruang privat. Dia juga kerap menghina dan mengkritik bentuk fisik, kecerdasan, atau kemampuan dirimu.

Waspada juga dia sudah berani mengancam akan menyakitimu atau justru menyakiti dirinya sendiri bila kamu tidak berperilaku sesuai kemauannya.

Menerima kekerasan fisik

Ini jelas merupakan tanda abusive relationship yang tidak boleh diabaikan. Dampak kekerasan fisik bisa sangat beragam, mulai dari luka terbuka, nyeri, memar, hingga rambut rontok. Pada kasus yang lebih parah, korban bahkan dapat mengalami gegar otak hingga kematian.

Abusive relationship tentu membawa dampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental. Korban bisa mengalami luka atau cedera fisik, berkurangnya kepercayaan diri, hingga masalah kesehatan mental, seperti gangguan cemas, depresi, atau bahkan ingin mencoba bunuh diri.

Baca Juga: Gaya Pacaran 5 Zodiak Ini Ternyata Jadul Banget, Ada yang Masih Suka Surat-suratan

Itulah beberapa tanda abusive relationship yang harus diwaspadai. Bila menemukan tanda-tanda abusive relationship dalam hubungan yang sedang dijalani, jangan biarkan dirimu terjebak terlalu lama di dalamnya. (*Gigih Persada Putra Mahmud)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI