5 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan, Ternyata Kaya Antioksidan

Apa saja manfaat buah duku untuk kesehatan tubuh yang mungkin masih jarang diketahui?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 25 November 2023 icon 08:00 WIB
5 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan, Ternyata Kaya Antioksidan

Buah duku (Pexels/Any Lane)

Duku merupakan jenis buah yang masih satu keluarga dengan langsat. Bedanya, duku memiliki daging buah yang lebih tebal dan rasanya pun lebih manis.

Buah duku kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan, termasuk serat, kalsium, kalium, fosfor, vitamin C, dan lainnya. Lalu, manfaat apa saja yang akan didapatkan dengan mengonsumsi buah duku?

Dirangkum dari Hello Sehat, berikut beberapa manfaat duku untuk kesehatan.

Baca Juga: 4 Manfaat Punya Tanaman Hias, Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental

Buah duku (Pexels/Any Lane)
Buah duku (Pexels/Any Lane)

Kaya Antioksidan

Buah duku diketahui mengandung antioksidan tinggi. Kandungan itu sangat dibutuhkan tubuh untuk menangkal efek buru dari paparan zat-zat berbahaya dari lingkungan sekitar.

Membantu Mencegah Sembelit

Baca Juga: 6 Manfaat Bunga Pepaya, Menambah Nafsu Makan hingga Sehatkan Jantung

Sembelit merupakan masalah pencernaan yang paling sering terjadi akibat kurangnya asupan serat. Konsumsi buah duku bisa mencegah kondisi ini.

Duku termasuh buah yang kaya serat sehingga baik dikonsumsi untuk kesehatan sistem pencernaan. Dalam 100 gram buah duku, terkandung sekitar 4,3 gram serat.

Menambah Energi dan Menjaga Sistem Saraf

Buah ini juga bermanfaat membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi energi. Duku juga berkhasiat menjaga keselarasan fungsi sistem saraf karena mengandung vitamin B.

Baik untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C membuat buah duku disebut baik dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin yang sama juga dikatakan bisa membantu mencerna lemak tubuh. Oleh karenanya, duduk cocok untuk pejuang diet dan dapat jadi alternatif camilan pengganti makanan manis.

Menjaga Kesehatan Kulit

Baca Juga: Diet Fruitarian Aman atau Tidak? Ketahui 5 Bahaya jika Anda Cuma Makan Buah

Manfaat buah duku rupanya juga berkaitan dengan kecantikan kulit. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Martha Tilaar dan S. M. Wasitaatmadja. Hasilnya, disebutkan bahwa buah duku berkhasiat melembapkan dan mencerahkan kulit. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI