5 Tips Mengelola Gaji, Begini Triknya agar Uangmu Tidak Cepat Habis

Gaji sebulan terasa kurang terus? Berikut beberapa tips mengelola gaji yang bisa coba kamu terapkan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 05 Desember 2023 icon 09:15 WIB
5 Tips Mengelola Gaji, Begini Triknya agar Uangmu Tidak Cepat Habis

Ilustrasi pasangan kekasih menghadapi masalah keuangan. (Shutterstock)

Banyak orang merasa tidak cukup dengan gaji yang mereka dapatkan setiap bulan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengelola gaji yang kamu miliki dengan bijak.

Gaji yang dimiliki kadang bahkan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan. Selain tingginya biaya hidup, berbagai kebiasaan yang terlalu konsumtif juga jadi penyebab gaji cepat habis.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tips mengelola gaji untuk mencukupi kebutuhan hidup selama satu bulan dan ke depannya.

Baca Juga: 4 Langkah Mempersiapkan Dana Darurat, Rencanakan Keuangan dengan Bijak

Ilustrasi mengambil uang di mesin ATM (Pixabay/Peggy und Marco Lachmann-Anke)
Ilustrasi mengambil uang di mesin ATM (Pixabay/Peggy und Marco Lachmann-Anke)

Tentukan Prioritas

Di tengah biaya hidup yang semakin tinggi, kita mesti lebih pintar untuk mengatur keuangan. Menentukan prioritas pengeluaran sangat penting agar bisa membeli kebutuhan utama.

Selain membeli kebutuhan, membayar sewa dan biaya pendidikan juga mesti menjadi prioritas utama. Ingatlah tentang kehidupan di masa depan. Jangan terlalu mengikuti gaya hidup yang mewah.

Baca Juga: 4 Tips Belanja Bulanan, Begini Triknya agar Lebih Hemat

Contohnya, saat ini kamu tidak memiliki kemeja formal, sedangkan model sepatumu sudah ketinggalan tren. Nah, membeli kemeja bisa dipilih sebagai prioritas utama ketimbang beli sepatu baru yang trennya terus berkembang.

Mencatat Pengeluaran

Setelah menentukan prioritas, ada baiknya mencatat pengeluaran. Ini bisa membantumu mengendalikan pengeluaran yang tidak terlalu penting.

Misalnya, kamu memasang anggaran untuk belanja keperluan di minimarket sebesar Rp100 ribu, Namun, kamu lupa membawa tas belanja sehingga kamu harus membeli baru.

Akibatnya, pengeluaran di minimarket yang seharusnya hanya Rp100 ribu, bertambah Rp5 ribu. Kamu harus mencatat pengeluaran ekstra itu agar tidak bingung di kemudian hari.

Tetapkan Biaya Bulanan

Setiap orang memiliki biaya bulanan yang tidak sedikit, apalagi saat sudah berkeluarga. Menetapkan biaya bulanan memungkinkan uang yang dimiliki dapat digunakan secara lebih efisien.

Tetapkan biaya bulanan untuk kebutuhan primer, seperti membeli bahan makanan, cicilan rumah, atau bayar listrik. Setelahnya, kamu bisa menyisihkan sebagian uangmu untuk keperluan lain seperti hiburan dan rekreasi.

Sisihkan Gaji untuk Investasi

Investasi adalah salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan. Ini karena kita tidak tahu tentang kehidupan di masa depan.

Sisihkan sekitar 20% atau lebih dari gaji yang kamu miliki untuk investasi. Jika dikelola dengan baik, investasi membuatmu bisa tetap mendapatkan pemasukan. Bila suatu saat kehilangan pekerjaan, kamu akan lebih aman.

Cobalah Mencari Tambahan Pemasukan

Gaji yang dimiliki saat ini mungkin terasa cukup untuk kebutuhan hidup selama satu bulan. Namun lagi-lagi kita mesti memikirkan tentang masa depan.

Bisa jadi suatu hari nanti gaji yang kamu miliki saat ini tidak dapat mengimbangi inflasi yang terjadi. Atau mungkin akan terjadi PHK besar-besaran di tempat kamu bekerja.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencari penghasilan tambahan. Jangan terlalu mengandalkan satu pemasukan saja.

Baca Juga: 6 Cara Mengupas Telur Rebus, Begini Triknya agar Tetap Utuh dan Mulus

Itu dia 5 tips mengelola gaji yang kamu miliki, hiduplah dengan sederhana dan jangan terlalu mengikuti gaya hidup orang lain. Semoga bermanfaat! (*Muhamad Iqbal Fathurahman)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI