Jaga Stabilitas Finansial, Tabungan di Bank Masih Jadi Pilihan Utama

Tabungan di bank masih menjadi pilihan utama nasabah untuk menjaga stabilitas finansial.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 06 Desember 2023 icon 13:30 WIB
Jaga Stabilitas Finansial, Tabungan di Bank Masih Jadi Pilihan Utama

Ilustrasi menabung (Pexels/Karolina Grabowska)

Apakah kamu termasuk orang yang terbiasa menabung di bank? Nyatanya, tabungan di bank memang masih menjadi pilihan banyak orang untuk menjaga stabilitas finansial.

Hal tersebut berdasarkan hasil riset Danamon bersama Jakpat bertajuk "Preferensi Menabung Masyarakat". Ditemukan bahwa semua generasi menganggap menabung penting. Ini karena menabung dinilai bisa membantu mewujudkan rencana finansial mereka.

Sebanyak 74% responden membuka tabungan untuk dana darurat. Hal ini menunjukkan kesadaran akan pentingnya persiapan finansial di saat mendesak. Selain itu, 71% responden membuka tabungan simpanan masa depan sebagai bentuk perencanaan finansial jangka panjang.

Baca Juga: 4 Langkah Mempersiapkan Dana Darurat, Rencanakan Keuangan dengan Bijak

Ilustrasi menabung (Pexels/Towfiqu barbhuiya)
Ilustrasi menabung (Pexels/Towfiqu barbhuiya)

Lebih lanjut, 84% responden memilih bank sebagai tempat menabung. Namun, sekitar 22% responden masih bingung memilih tempat menabung yang sesuai kebutuhan. Hal itu menunjukkan kurangnya informasi mengenai pilihan produk tabungan yang didapat masyarakat. 

Temuan riset tersebut sejalan dengan upaya Danamon untuk menghadirkan kembali program Danamon Hadiah Beruntun untuk kedua kalinya sebagai solusi menarik bagi para nasabah serta calon nasabah baru guna meningkatkan disiplin mereka dalam usaha menabung.

"Sebanyak 71% responden menyatakan sangat berminat untuk menambahkan jumlah uang yang mereka tabung ketika mengikuti program ini. Bahkan, 72% responden menganggap uang tunai berupa saldo tabungan, seperti cashback, sebagai hadiah yang paling masuk akal untuk dimenangkan," ujar Ivan Jaya selaku Consumer Funding & Wealth Business Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Selasa (5/12/2023), dikutip dari siaran pers.

Baca Juga: Bikin Geram, Wanita Ini Minta Putus Gegara Tabungan Pacar Cuma Rp170 Juta

"Jadi, kami percaya bahwa Danamon Hadiah Beruntun ini menjadi insentif tambahan bagi masyarakat yang memang sudah punya minat dan niat untuk menabung. Kami harap, program ini dapat membantu masyarakat memegang kendali atas tujuan dan kebutuhan finansial mereka, baik melalui pengelolaan keuangan yang lebih baik maupun dengan berbagai hadiah yang semakin banyak dan semakin mudah untuk dimenangkan," imbuhnya.

Danamon memiliki berbagai produk tabungan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi nasabah, mulai dari produk tabungan untuk anak-anak, tabungan Syariah, hingga tabungan yang dapat membantu nasabah mengelola mata uang berbeda.

Baca Juga: Harus Menabung Setahun sebelum ke Salon, Perjuangan Wanita Ini Tuai Pujian

"Danamon tidak hanya menyediakan program unggulan tetapi juga berkomitmen memberikan solusi finansial yang sesuai untuk setiap tahap dalam kehidupan nasabah agar dapat senantiasa tumbuh bersama Danamon," kata Ivan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI