Intens 5 Bulan, Ribuan Pengusaha UMKM Perempuan Dapat Pelatihan Paket Lengkap

Pertamina berikan pelatihan paket lengkap untuk ribuan pengusaha UMKM perempuan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 06 Desember 2023 icon 14:30 WIB
Intens 5 Bulan, Ribuan Pengusaha UMKM Perempuan Dapat Pelatihan Paket Lengkap

UMKM binaan PFpreneur asal Kebumen, Mutiara Handycraft. (Istimewa)

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perempuan merupakan penopang perekonomian Indonesia. PT Pertamina (Persero) berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan UMKM, salah satunya lewat Pertamina Foundation, yakni program PFpreneur.

Manager Small Medium Enterprise Partnership Program (SMEPP) PT Pertamina (Persero) Dewi Sri Utami mengatakan, PFpreneur merupakan salah satu program Pertamina yang mendorong pelaku UMKM untuk bisa nak kelas hingga melebarkan ke pasar ekspor.

Tiga tahun berjalan, PFpreneur memberikan pelatihan kepada lebih dari 3.000+ womenpreneur. Tahun ini, kembali digelar pelatihan yang diikuti oleh 1.388 womenpreneur dengan tiga jenis usaha, yakni kerajinan, fesyen, dan kuliner.

Baca Juga: Tingkatkan Brand Awareness, 5 Tips Memaksimalkan Konten Live Stream untuk Pelaku UMKM

UMKM binaan PFpreneur asal Kebumen, Mutiara Handycraft. (Istimewa)
UMKM binaan PFpreneur asal Kebumen, Mutiara Handycraft. (Istimewa)

"PFpreneur secara khusus mendorong UMKM perempuan untuk bisa naik kelas melalui berbagai kegiatan pelatihan.  Setelahnya, binaan PFpreneur dapat mengikuti kelas pembinaan lanjutan di Pertamina melalui UMK Academy, dengan kurikulum Go Modern, Go Online, Go Digital, Go Global serta Go Green secara intens selama 5 bulan, agar dapat naik kelas ke jenjang lebih tinggi  sekaligus mengembangkan kolaborasi dan networking," ujar Dewi, Selasa (5/12/2023), dikutip dari siaran pers.

Bekerja sama dengan Wiranesia, pelatihan diselenggarakan selama 7 hari dengan materi yang diajarkan oleh praktisi UMKM dan influencer. Adapun materinya antara lain pemahaman kompetisi bisnis, target omset dan konsumen, saluran distribusi dan reseller, strategi pemasaran 4P & AIDA hingga strategi penjualan melalui media sosial dan market place.

Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari mengatakan, ketika sudah menjadi binaan PFpreneur para womenpreneur akan mendapatkan 4P, yakni permodalan, pendampingan, pameran, dan promosi.

Baca Juga: Efektif Promosikan Produk, Jumlah UMKM yang Gabung di SnackVideo Meningkat Pesat

"Tahun ini antusiasme PFpreneur luar biasa, 1388 womenpreneur yang mengikuti pelatihan merupakan telah terpilih dari 9.842 pendaftar. Setelah mengikuti pelatihan intensif dan ujian sebagai seleksi, womenpreneur terbaik akan menjadi binaan PFpreneur," ungkap Agus, pada pelatihan TOP 1000 PFpreneur 2023 secara daring.

Baca Juga: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki Apresiasi Peluncuran "Pasar Lokal Suara UMKM"

Dia menambahkan, "Menjadi binaan PFpreneur, womenpreneur akan memperoleh stimulan permodalan usaha, pendampingan lanjutan, akses pameran mewakili Pertamina, dan promosi serta business matching sehingga womenpreneur bisa naik kelas. Naik kelas dari hiperlokal menuju lokal, lokal menuju nasional, dan nasional menuju internasional."

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI