Mencerahkan Kulit Gelap di Area Miss V, Boleh atau Tidak? Ini Kata Dokter

Amankah mencerahkan area miss V yang tampak menghitam?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 08 Desember 2023 icon 16:30 WIB
Mencerahkan Kulit Gelap di Area Miss V, Boleh atau Tidak? Ini Kata Dokter

Ilustrasi organ intim wanita. (Pixabay/StockSnap)

Kamu mungkin merasa kurang percaya diri dengan area di sekitar miss V yang menghitam. Namun, apakah ada perawatan yang aman untuk mencerahkannya?

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Ruri Diah Pamela Sp.KK mengungkapkan, area miss V berwarna gelap adalah hal normal. Kondisi ini terjadi karena banyaknya pigmen melanin di area organ intim. Itulah yang membuat tampilannya menjadi lebih gelap.

"Area intim berwarna gelap itu sebenarnya kondisi normal, karena pigmen melanin di sana lebih banyak. Karena daerah intim itu lebih sensitif, akhirnya badan memberikan mekanisme lebih banyak melaninnya," ujar dr. Ruri, dilansir dari Suara.com.

Baca Juga: 7 Cara Mengencangkan Miss V Kendur, Tak Butuh Treatment Khusus

Dijelaskan pula bahwa keberadaan pigmen melanin sendiri bukannya sama sekali tak berguna. Pada dasarnya, pigmen ini memiliki fungsi untuk proteksi tubuh.

Mereka tak nyaman dengan warna area miss V yang gelap, banyak perempuan yang berusaha untuk mencerahkan. Masalahnya, apakah hal seperti itu tidak berbahaya?

Menurut dr. Ruri, boleh-boleh saja mencerahkan area miss V. Namun, prosedurnya harus dilakukan oleh profesional atau dokter spesialis. Ini demi memastikan bahwa semua bahan dan prosedur yang digunakan aman untuk area sensitif itu.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Miss V yang Benar untuk Menghindari Keputihan

"Selama dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan menggunakan bahan-bahan yang aman, maka aman-aman saja. Silakan, asal tidak sampai yang menyebabkan komplikasi," tuturnya.

Sang dokter juga menegaskan bahwa mencerahkan kulit di area miss V menggunakan bahan-bahan dengan kandungan yang tidak aman bisa berisiko iritasi. Bukannya semakin cerah, tetapi malah dapat menjadi lebih gelap karena adanya iritasi dan inflamasi.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Whitening Body Lotion Terbaik, Begini Cara Aman Mencerahkan Kulit

"Karena yang sudah terjadi adalah mereka coba-coba sendiri dan peeling sendiri. Itu bahaya banget. Bisa bikin iritasi dan mengelupas, bahkan jadi infeksi," terangnya

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI