Strict Parents Bikin Kesal? Ini 7 Cara Menghadapinya Tanpa Berantem

Berikut beberapa cara menghadapi strict parents yang dapat coba kamu lakukan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 10 Desember 2023 icon 08:00 WIB
Strict Parents Bikin Kesal? Ini 7 Cara Menghadapinya Tanpa Berantem

Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Motoki Tonn)

Peran orang tua sangat penting bagi kita dalam menjalani kehidupan. Hanya saja, orang tua memiliki cara yang beragam dalam mengasuh anak, salah satunya sctrict parents.

Strict Parents berasal dari bahasa Inggris berarti orang tua yang ketat. Arti strict parents juga berarti pola asuh orang tua yang sangat ketat terhadap anaknya.

Sifat strict parents yang dimiliki orang tua sangat tidak baik untuk anak. Anak dikhawatirkan akan merasa terkekang dan tidak bebas menjalani kehidupannya.

Baca Juga: Harus Tahu! 8 Tips Membangun Kesan Baik saat Pertama Kali Bertemu Orang Tua Pasangan

Dilansir dari parentingforbrain.com, terdapat beberapa cara untuk menghadapi strict parents. Berikut cara menghadapi strict parents yang bisa dilakukan.

Ilustrasi Keluarga Besar (Pexels/Askar Abayev)
Ilustrasi Keluarga Besar (Pexels/Askar Abayev)

Jangan Berpikir untuk Mengubah Orang Tua

Seringkali pertengkaran antara anak dan orang tua disebabkan sudut pandang yang berbeda. Perbedaan zaman dan pengalaman yang dimiliki kedua pihak biasanya jadi pemicu.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Bisa Jadi Orang Tua Terbaik, Sayang Anak Tanpa Pilih Kasih

Dengan demikian, jangan pernah berpikir untuk mengubah sudut pandang orang tua. Cobalah untuk menjelaskan sudut pandangmu dan tetap dengarkan mereka agar bisa saling memahami.

Berhenti Bertengkar dengan Orang Tua

Pertengkaran yang terjadi antara kamu dan orang tua hanya akan menambahkan luka di hati. Selama tidak ada yang mengalah, kalian akan terus bertengkar dan menimbulkan luka mendalam.

Pertengkaran hanya akan menghabiskan energi dan membuang-buang waktu kalian yang berharga. Sifat strict parents yang dimiliki oleh orang tuamu tidak akan hilang jika kalian terus bertengkar.

Lakukan apa yang dimintanya meski terdengar sangat naif. Cara ini dapat dilakukan untuk mendapatkan hati orang tua. Setelah itu, kamu bisa menjelaskan hal yang kamu inginkan.

Tunjukkan Prestasi

Raih pencapaian yang tinggi, baik dalam bidang pendidikan maupun pekerjaan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kepercayaan dari orang tua.

Orang tuamu akan percaya padamu bahwa kamu mampu memiliki sudut pandang sendiri tentang suatu hal. Dengan sudut pandangmu itu, kamu tetap bisa meraih prestasi yang tinggi.

Cari Teman Untuk Bercerita

Memiliki orang tua dengan sifat strict parents bisa membuat kita menjadi kesepian. Kamu mungkin sulit untuk berinteraksi dengan teman-teman sebayamu.

Kamu mungkin merasa orang tuamu tidak peduli dengan kesepian yang kamu rasakan. Bercerita kepada teman atau kerabat dekat bisa menjadi salah satu cara untuk mengusir kesepian yang kamu rasakan.

Cari Bantuan Profesional

Kesedihan akut dan depresi mungkin mendorongmu melakukan hal-hal yang dapat membahayakan diri sendiri. Segera cari bantuan profesional untuk penanganan lebih lanjut.

Kamu bisa mengunjungi konselor, psikolog, psikiater. Jangan hadapi ini semua sendiri. Cobalah untuk mencari bantuan orang lain.

Baca Juga: Pilih Tinggal Jauh dari Rumah Orang Tua, 5 Zodiak Ini Suka Kebebasan

Itulah beberapa cara menghadapi strict parents yang bisa coba dilakukan. Semoga bermanfaat! (*Muhamad Iqbal Fathurahman)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI