Pelanggan Jadi Tidak Waswas, Ini Pentingnya Logo Halal untuk Bisnis Restoran

Seberapa penting bagi pihak restoran untuk memasang logo halal MUI?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 10 Desember 2023 icon 14:00 WIB
Pelanggan Jadi Tidak Waswas, Ini Pentingnya Logo Halal untuk Bisnis Restoran

Ilustrasi perempuan berhijab nongkrong di kafe (Freepik)

Logo halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) adalah hal penting bagi bisnis restoran. Label ini tetap perlu ditampilkan meski menu yang disajikan terbuat dari bahan-bahan yang aman dikonsumsi umat Islam.

Kementerian Agama RI juga telah menyatakan bahwa seluruh restoran wajib memiliki sertifikasi halal sebelum Oktober 2024. Selain mematuhi peraturan pemerintah, punya label halal juga membantu pemilik restoran meraih kepercayaan penuh dari konsumennya.

Pengaruh pencantuman sertifikat halal untuk produk makanan ini pernah dikulik dalam laporan riset pasar Populix bertajuk "Insights and Customer Perspective of Halal Industry in Indonesia".

Baca Juga: Salut! Restoran Ini Punya Pelayan Down Syndrome, Cekatan Catat Pesanan hingga Sajikan Makanan ke Pelanggan

Hasil survei menyebutkan bahwa 93 persen responden menyatakan bahwa pencantuman logo halal pada produk makanan jadi faktor penentu sangat penting saat membeli produk.

Ilustrasi makanan enak. (Pexels/Helena Lopes)
Ilustrasi makanan enak. (Pexels/Helena Lopes)

Disebutkan bahwa 75 persen konsumen akan merasa aman karena adanya jaminan kualitas mutu saat membeli produk berlogo halal. Hal itu juga yang melatarbelakangi restoran Sambal Bakar dalam mengurus sertifikasi halal, baru-baru ini.

"Sertifikat halal bagi restoran Sambal Bakar, kita ingin built komitmen dan trust dari customer. Bahwa customer tahu proses pembuatannya halal," ujar founder restoran, Benjamin Master Adhisurya, dalam keterangannya saat menerima sertifikat Halal MUI di Jakarta, dikutip dari Suara.com.

Baca Juga: Pria Ini Mengaku Influencer demi Makan Gratis, Jumlah Pengikut Jadi Sorotan

Benjamin mengaku kerap ditanyai pelanggan soal sertifikat halal MUI sejak pertama kali membuka resto Sambal Bakar pada Juli 2022 lalu. Dia pun jujur menjawab jika label halal tersebut masih dalam proses pengajuan MUI.

Proses mendapatkan sertifikat halal memang cukup memakan waktu. Ini karena MUI harus melakukan pengecekan satu per satu sentra dapur di setiap cabang yang ada.  Tidak hanya bahan utama yang dipastikan halal, tetapi juga juga bumbu dapur hingga aneka saus.

Baca Juga: Louis Vuitton Buka Bisnis Kafe dan Restoran, Harga Kopinya Cuma Segini

"Utamanya setiap cabang dan setiap proses pembuatan menu harus memenuhi syarat. Kita semua menu lolos. Dari Sambal Bakar memang dibikin target ingin dapat sertifikasi halal," terang Benjamin.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI