5 Tips Belanja Hemat saat Banjir Diskon, Jangan Kalap saat Harbolnas 12.12!

Inilah beberapa tips hemat yang bisa coba diterapkan di tengah gempuran diskon besar-besaran.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 10 Desember 2023 icon 17:00 WIB
5 Tips Belanja Hemat saat Banjir Diskon, Jangan Kalap saat Harbolnas 12.12!

Ilustrasi Belanja Online (Pexels/SHVETS Production)

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) selalu menjadi momen yang sangat dinanti. Ini karena ada banyak promo belanja dan diskon menarik yang ditawarkan para pelaku bisnis online di e-commerce.

Berdasarkan survei Snapchart, sebanyak 95% penduduk di Indonesia bakal memanfaatkan momen Harbolnas untuk belanja daring demi  mendapat tawaran terbaik alias diskon besar-besaran.

Meski begitu, harga yang serba diskon dan murah bisa membuatmu menjadi impulsif. Jika malah jadi kalap, ujung-ujungnya boros juga.

Baca Juga: Tampilan Butik Berubah Lebih Megah, Belanja Jadi Semakin Seru

Dilansir dari Suara.com, berikut tips dari Ninja Xpress selaku partner pengiriman para seller di momen Harbolnas.

Ilustrasi belanja online. (Unsplash/Brooke Cagle)
Ilustrasi belanja online. (Unsplash/Brooke Cagle)

1. Membuat Wishlist

Sebelum Harbolnas tiba, ada baiknya membuat wishlist berisi daftar produk atau barang apa saja yang ingin dibeli. Prioritaskan produk atau barang yang benar-benar dibutuhkan atau sudah lama diincar.

Baca Juga: Tips Liburan Hemat, Berburu Promo hingga Pilih Fitur Refund 100 Persen

Langkah sederhana ini bisa membuatmu lebih fokus saat berbelanja. Kamu pun berusaha lebih keras menghindari godaan untuk membeli
barang yang tidak diperlukan.

2. Pasang Reminder Notifikasi

Ini jelas harus dilakukan agar kamu tak melewatkan penawaran terbaik dan bisa segera merespons setiap ada penawaran spesial yang muncul.

3. Cek Ulasan Produk sebelum Membeli

Sebelum konfirmasi pembelian, jangan lupa mengecek ulasan dan testimoni dari pembeli sebelumnya. Harapannya, kamu akan terhindar dari membeli produk  yang ternyata tak sesuai ekspektasi alias mengecewakan.

4. Klaim Kupon Diskon

Tentu saja kamu harus memanfaatkan kupon diskon yang tersedia saat Harbolnas. Tujuannya agar kamu bisa mendapatkan potongan harga tambahan. Banyak platform e-commerce menyediakan kupon-kupon eksklusif yang dapat membantumu lebih hemat saat belanja.

5. Ikuti Akun Media Sosial E-Commerce

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Jagonya Berburu Diskon, Capricorn Gigih Banget

Ini penting untuk memantau promo dan diskon apa saja yang ditawarkan. Banyak brand sering memberikan informasi eksklusif dan penawaran khusus saat Harbolnas yang cuma berlaku untuk pembelian via e-commerce tententu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI