6 Alasan Kuat Pasangan Memilih Cerai, Tak Selalu karena Gangguan Orang Ketiga

Banyak juga pasangan yang ingin bercerai karena menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 17 Desember 2023 icon 17:45 WIB
6 Alasan Kuat Pasangan Memilih Cerai, Tak Selalu karena Gangguan Orang Ketiga

Ilustrasi perceraian. (Pixabay/Free-Photos)

Saat menikah, pasangan yang saling mencintai tentu tidak berharap berujung pisah. Namun, memang ada berbagai faktor yang akhirnya membuat pasangan memutuskan untuk bercerai.

Dilansir dari Power of Two Marriage, ada beberapa alasan kuat di balik keputusan pasangan untuk bercerai. Apa saja?

1. Pasangan terlalu mengontrol

Baca Juga: 8 Cara Melupakan Seseorang yang Dicintai, Jangan Ragu Memulai Hidup Baru

Sifat pasangan yang terlalu mengontrol bisa berdampak buruk. Pasangan suami istri sudah semestinya bisa menghargai satu sama lain. Jika ada pihak yang sangat posesif dan mengontrol segala hal, cerai dan perpisahan mungkin menjadi satu-satunya cara untuk mendapat kehidupan yang lebih baik.

Ilustrasi perceraian. (Pixabay/CQF-avocat)
Ilustrasi perceraian. (Pixabay/CQF-avocat)

2. Pecandu

Punya pasangan pecandu narkoba atau alkohol jelas bukan hal murah. Orang yang kecanduan sangat mungkin melakukan hal-hal yang tidak hanya berdampak buruk pada dirinya sendiri, melainkan juga membahayakan orang-orang di sekitarnya, termasuk pasangan dan anak.

Baca Juga: 12 Urutan Zodiak yang Paling Setia, Pasanganmu Nomor Berapa?

Oleh sebab itu, masalah kecanduan bisa menjadi alasan kuat bagi seseorang untuk meninggalkan pernikahannya.

3. Selingkuh

Perselingkuhan juga sangat mungkin membuat seseorang tak mau lagi mempertahankan rumah tangganya. Selingkuh sama artinya dengan berkhianat. Punya pasangan yang tidak setia hanya akan menambah luka.

4. Kekerasan pada anak

Perceraian juga menjadi jalan yang diambil banyak orang saat pasangan telah melakukan kekerasan pada anak. Kondisi ini bisa membuat anak mengalami trauma berat. Demi menjaga kesehatan fisik dan mental anak, bercerai dinilai sebagai opsi terbaik.

5. Gangguan mental yang tak terkendali

Gangguan mental merupakan kondisi yang sulit untuk dihadapi, apalagi jika sudah sangat parah. Bahkan, bukan tidak mungkin memengaruhi kondisi kesehatan mental orang-orang terdekat. Oleh karena, banyak orang memilih cerai karena buruknya kesehatan mental pasangan.

6. Kekerasan dalam rumah tangga

Baca Juga: 5 Arti Mimpi Mantan, Tanda Kamu Masih Menyimpan Rasa

Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) bukan masalah yang bisa disepelekan. Pelaku bahkan bisa sama bertindak di luar nalar yang mengancam nyawa anggota keluarga. Demi melindungi diri sendiri dan anggota keluarga lainnya, berpisah adalah jalan terbaik.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI