Harga Bahan Pokok Naik Jelang Libur Nataru, Terapkan 3 Tips Belanja Hemat Ini

Atur stategi biar tidak ada kebutuhan penting yang terlewat. Berikut tips belanja hemat jelang libur Nataru.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 18 Desember 2023 icon 12:30 WIB
Harga Bahan Pokok Naik Jelang Libur Nataru, Terapkan 3 Tips Belanja Hemat Ini

Ilustrasi belanja buah di pasar. (Pixabay/Pexels)

Jelang libur Natal dan tahun baru (Nataru), harga bahan pokok umumnya mengalami kenaikan. Walau fenomena itu cuma sementara, masyarakat tetap disarankan untuk bijak dalam berbelanja.

Manager Operasional Titipku, Nike Agatha, mengungkapkan bahwa beberapa produk yang sudah mulai naik harganya antara lain telur ayam, daging ayam, dan cabai.

Kenaikan harganya bervariatif, mulai dari 20 persen hingga 100 persen. Disebutkan bahwa kenaikan harga telur di pasar sudah berada di angka sekitar 20 persen, sedangkan daging ayam naik sekitar 30 persen.

Baca Juga: 4 Tips Mengelola THR Natal, Uangnya Jangan Langsung Dihabiskan!

"Kenaikan paling ekstrem terjadi pada produk cabai merah. Harganya naik dua kali lipat hingga menyentuh Rp130.000 per kilogramnya," Ungkap Nike, dikutip dari Suara.com.

Ilustrasi natal. (Unsplash/Tyler Dogado)
Ilustrasi natal. (Unsplash/Tyler Dogado)

Kenaikan harga diperkirakan bertahan hingga awal tahun 2024. Jenis komoditas yang mengalami kenaikan harga juga kemungkinan tidak hanya cabai, daging ayam, dan telur.

Dibutuhkan strategi belanja yang bijak agar pengeluaran belanja bahan pokok tidak menggemuk akibat kenaikan harga produk. Berikut tips dari Chief Marketing Officer (CMO) Titipku, Faradhita Delicia.

Baca Juga: Resep Choco Chips Cookies, Manisnya Cocok Disajikan saat Natal

1. Pastikan stok bahan makanan cukup sampai akhir tahun

Tak ada salahnya jika saat ini mulai belanja kebutuhan untuk tiga minggu ke depan selagi harga produk belum naik terlalu tinggi. Selain sayur dan daging segar, beli juga produk-produk yang awet seperti frozen food atau makanan kaleng.

2. Hindari belanja dadakan

Sebaiknya hindari membeli bahan untuk makan malam dadakan atau belanja kebutuhan bakar-bakar pesta tahun baru di malam tahun barunya. Selain tempat belanja ramai, ada kemungkinan produk yang kamu cari stoknya kosong atau harganya jadi melambung tinggi.

Mengingat  bahan makanan yang akan dibakar di malam tahun baru biasanya frozen food, kamu bisa membelinya sejak jauh-jauh hari.

3. Memanfaatkan promo

Baca Juga: Hari Libur Desember 2023, Ini Jadwal Cuti Bersama Natal dan Tahun Baru

Belanja secara langsung maupun daring, pasti akan ada promo yang mungkin kamu temui. Manfaatkanlah promo-promo tersebut untuk menghemat anggaran belanja, terutama jika produk promo adalah bahan pokok yang pasti bakal dikonsumsi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI