4 Titik Nol Kilometer untuk Rayakan Tahun Baru 2024, Ada di IKN hingga Jogja

Inilah beberapa lokasi titik nol kilometer yang bisa dikunjungi saat perayaan tahun baru 2024.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 22 Desember 2023 icon 12:00 WIB
4 Titik Nol Kilometer untuk Rayakan Tahun Baru 2024, Ada di IKN hingga Jogja

Merayakan tahun baru dengan pesta kembang api. (Unsplash/Chris Gilbert)

Mendekati musim liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, salah satu destinasi yang biasanya diincar wisatawan adalah kawasan titik nol kilometer.

Dilansir dari Suara.com, berikut rekomendasi destinasi wisata di sekitar titik nol kilometer Indonesia pilihan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

1. Titik Nol Kilometer Nusantara

Baca Juga: 10 Kota Destinasi Liburan Favorit, Jadi Incaran Wisatawan untuk Rayakan Tahun Baru 2024

Kendati belum resmi menggantikan Jakarta sebagai ibu kota Indonesia, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah mempunya lokasi titik nol kilometer.

Pada 2022, pemerintah meresmikan monumen setinggi 50 cm sebagai penanda titik nol kilometer. Lokasinya di Kecamatan Samboja dan Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Pesta kembang api merayakan tahun baru. (Unsplash/Jingda Chen)
Pesta kembang api merayakan tahun baru. (Unsplash/Jingda Chen)

Sejak itu, tugu nol kilometer di IKN mulai ramai dikunjungi. Wisatawan sekaligus bisa menikmati udara segar dan memacu adrenalin di Bukit Bengkirai, Kutai Kartanegara.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Jakarta Cocok untuk Rayakan Tahun Baru, Ajak Orang Tersayang

Mau lihat langsung budaya khas Dayak yang masih terjaga dengan baik? Datang saja ke Desa Wisata Pampang di Kota Samarinda. Ada rumah adat Betang yang menjadi tempat tinggal Suku Dayak Apokayan.

2. Titik Nol Kilometer Sabang

Penanda geografis ujung terjauh Barat Indonesia ini berlokasi di Desa Iboih Ujong Ba'u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Tugu titik nol berdiri di atas tebing dan menghadap langsung ke Samudra Hindia.

Jangan lewatkan juga serunya menyelami keindahan bawah laut di Sabang. Terdapat sekitar 20 titik selam di Sabang, antara lain West Seulako, Arus Balee, Rubiah Jetty, hingga Sophie Rickmers.

3. Titik Nol Kilometer Merauke

Titik nol kilometer Merauke lokasinya dekat perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini. Wisatawan akan menemukan monumen bertulisan "0 Km Merauke-Sabang" yang cukup besar.

Liburan ke Merauke, jangan lupa berkunjung ke Monumen Kapsul Waktu di Alun-alun, Klp. Lima, Merauke. Wisatawan bisa melihat impian anak-anak Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang ditulis tahun 2015 dan akan dibuka pada 2085 mendatang.

Wisatawan juga dapat melihat kanguru di Taman Nasional Wasur, Merauke. Area Taman Nasional ini juga dihuni empat suku asli, yakni Kanume, Yeinan, Marori Menge, dan Marind.

4. Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Titik nol kilometer Yogyakarta dikelilingi beberapa bangunan bersejarah yang juga bisa dikunjungi wisatawan, seperti Kantor Pos Indonesia, Gedung Agung, Monumen Serangan 1 Maret, Benteng Vredeburg, hingga kawasan Jalan Malioboro.

Baca Juga: 5 Warna Cat Kuku Ini Cocok untuk Momen Natal dan Tahun Baru

Mau cari cenderamata khas Yogyakarta atau membeli oleh-oleh? Datang saja ke Teras Malioboro yang tak jauh dari titik nol. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI