Kaleidoskop 2023: Begini Kebiasaan Masyarakat saat Belanja Online di E-Commerce

Seperti apa kebiasaan masyarakat saat belanja online di e-commerce sepanjang 2023 ini?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 22 Desember 2023 icon 14:00 WIB
Kaleidoskop 2023: Begini Kebiasaan Masyarakat saat Belanja Online di E-Commerce

Ilustrasi Belanja Online (Pexels/SHVETS Production)

Saat pandemi Covid-19, belanja online di platform e-commerce sempat jadi andalan masyarakat. Kebiasaan itu rupanya tetap berlangsung hingga kini, terlebih pada momen hari belanja online (Harbolnas) tanggal kembar.

Dilansir dari Suara.com, dalam kaleidoskop 2023, platform e-commerce Shopee Indonesia mencatat, kampanye tanggal kembar 10.10 Brands Festival dan 11.11 Big Sale membuat waktu transaksi ekspor UMKM lokal mengalami peningkatan sampai 4 kali lipat.

UMKM Fashion dan Home Living menjadi produk yang dibeli pengguna Shopee di luar negeri selama 2023. Rata-rata ekspor dikirim ke berbagai negara di Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin.

Baca Juga: 3 Tipe Belanja Online di E-Commerce, Pemburu Promo Semangatnya Minta Ampun

Barang yang paling banyak dibeli pengguna Shopee Indonesia selama 2023 rata-rata dalam kategori aksesoris elektronik, fashion, dan kosmetik. 

Fitur game yang sempat viral beberapa bulan lalu, Shopee Cocoki, juga terekam sudah dimainkan oleh 5 juta pemain di tahun 2023.

Terkait pembelian makanan melalui ShopeeFood, menu paling laris ternyata adalah seafood. Bahkan, tercatat total berat seafood yang terjual sama dengan berat 20 pesawat.

Baca Juga: Hasil Survei: 72 Persen Orang Indonesia Pakai E-wallet untuk Pembayaran Belanja via E-Commerce

Al-qur'an dan penunjuk arah kiblat di laman Shopee Barokah juga termasuk fitur yang banyak digunakan dan diakses oleh 2,5 juta orang setiap hari.

"Kami sangat senang dapat terus menjadi bagian dalam setiap perjalanan para pelaku UMKM dan pengguna kami untuk menciptakan peluang dan menggapai impian mereka di sepanjang tahun 2023," ungkap Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handhika Jahja.

Baca Juga: 5 Tipe Pembeli Belanja Online, Mulai Pemburu Diskon hingga Pelanggan Setia

Handhika juga memaparkan bahwa Shopee melalui program ekspornya telah turut mendorong akselerasi UMKM lokal dalam menjangkau pasar internasional selama 2023. Pihaknya pun terus mendampingi UMKM lokal agar dapat menciptakan peluang untuk memiliki daya saing global.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI