4 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Mendapatkan Tato Permanen

Ada beberapa hal terkait mendapatkan dan menghapus tato yang perlu dipikirkan.

By: Risna Halidi icon Sabtu, 23 Desember 2023 icon 13:32 WIB
4 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Mendapatkan Tato Permanen

Ilustrasi Tato (Pexels/cottonbro)

Menghapus tato perlu dilakukan dengan pertimbangan yang matang, sama seperti saat hendak membuat tato.

Ada beberapa hal terkait mendapatkan dan menghapus tato yang perlu dipikirkan, setidaknya begitu menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Angeline Dewi, Sp.KK.

Berikut ini, empat hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membuat dan menghapus tato permanen agar aman dan tidak merusak kulit.

Baca Juga: Pamer Body Goals, Tato Kupu-Kupu Marion Jola Bikin Salah Fokus

1. Tato Hitam Lebih Mudah Hilang dari Berwarna
Dokter yang juga berpraktik di RS Royal Progress Sunter, Jakarta Utara mengatakan proses menghapus tato permanen dengan laser perlu memerhatikan gelombang yang cocok untuk digunakan. Menariknya menemukan gelombang laser untuk tato warna hitam lebih mudah dibanding warna lain.

"Warna hitam itu paling gampang untuk dihilangkan dibandingkan dengan warna biru, hijau. (Laser) itu tergantung panjang gelombang. Sedangkan kalau kita belajar panjang gelombang 1064 itu cocok untuk warna hitam, terus kalau warna merah itu cocok dengan 532 itu udah ada ketentuannya," jelas dr. Angeline saat memperkenalkan fasilitas laser di kliniknya.

2. Bisa Diganti Tato Lain
Saat proses penghilangan tato dengan laser berkualitas dan minim rasa sakit, maka kesehatan kulit tetap terjaga. Selanjutnya jika tato sudah benar-benar pudar, tetap aman kok jika ingin kembali melakukan tato.

Baca Juga: Sudah Bikin Tato Nama Pacar di Punggung, Hubungan Wanita Ini Malah Kandas

"Hilangkan dulu (tato lama), kalau ditimpa jelek hasilnya, juga dari estetikanya juga. (Jeda sebelum ganti tato) satu bulan," ujar dr. Angeline.

3. Hapus Jika Gatal dan Kemerahan
dr. Angeline mengakui ada beberapa orang dengan kulit sensitif atau alergi pada tinta tato permanen, sehingga umumnya dokter akan menyarankan tindakan hapus tato daripada gejala dan kulit kemerahan tidak kunjung hilang

"Itu kita obati dulu pastinya dalam keadaan akut kemerahan, obati kalau masih merah berlanjut. Kita anjurkan kepada pasien untuk dihilangkan tatonya, tapi sebelumnya dalam keadaan akut diobati dulu," papar dr. Angeline.

4. Mitos Hapus Tato
Dokter ahli anti-aging itu juga mengakui banyak orang takut hapus tato permanen karena efek samping mengerikan saat tindakan dilakukan di klinik tidak tersertifikasi, yang asal menjual tindakan laser untuk hapus tato.

"Banyak salon-salon jualan laser juga, itu kalau kalau habis dihilangkan jadi gelembung berair, sedangkan kalau menggunakan laser pico tidak memberikan efek seperti itu," jelas pungkas dr. Angeline.

Perlu diketahui laser pico saat ini sudah lebih mudah ditemukan di pasaran, dan jenisnya beragam. Cara kerjanya menggunakan panjang gelombang khusus untuk bisa memecahkan pigmentasi di Kulit dengan lebih cepat namun dengan efek samping yang minimal.

Baca Juga: Nenek 82 Tahun Ini Mendadak Minta Bikin Tato, Videonya Viral Panen Pujian

(Dini Afrianti Efendi)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI