4 Tips Hemat Liburan Tahun Baru, Saatnya Jalan-Jalan Seru!

Bagaimana cara merencanakan liburan tahun baru yang ramah di kantong?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 24 Desember 2023 icon 14:15 WIB
4 Tips Hemat Liburan Tahun Baru, Saatnya Jalan-Jalan Seru!

Ilustrasi liburan di pantai (Pixabay/Igor Ovsyannykov)

Musim liburan akhir tahun sering kali menjadi momen yang sangat dinanti. Hanya saja, rencana mengunjungi berbagai destinasi wisata kadang terancam gagal karena keterbatasan anggaran.

Dilansir dari Suara.com, airasia MOVE (Superapp) 2023 melaporkan bahwa harga menjadi faktor penentu preferensi para pelaku perjalanan. Keberadaan promo dan program loyalitas pun menjadi stimulus yang memengaruhi keputusan bertransaksi.

Sebanyak 74% pengguna yang memilih hotel berkisar harga Rp800 ribu hingga Rp1,3 Juta. Pengguna juga mengoptimalkan manfaat points untuk membeli tiket penerbangan dan reservasi hotel. 

Baca Juga: Banyak Tempat Wisata Ramai Dikunjungi saat Libur Nataru, Ini Destinasi Favorit Pelancong

Berikut beberapa tips mewujudkan resolusi liburan akhir tahun dari airasia Superapp (airasia MOVE).

Liburan bersama keluarga (Pexels/Pixabay)
Liburan bersama keluarga (Pexels/Pixabay)

1. Skala prioritas pengeluaran

Belanja cinderamata untuk oleh-oleh berpotensi menjadi sumber pengeluaran yang tidak terkontrol. Ada baiknya membuat skala prioritas dalam berbelanja untuk hal yang esensial demi menghindari pembelian impulsif.

Baca Juga: 4 Titik Nol Kilometer untuk Rayakan Tahun Baru 2024, Ada di IKN hingga Jogja

Lebih baik utamakan alokasi bujet untuk mengeksplorasi tempat wisata atau kuliner yang cuma bisa ditemukan di destinasi tujuan.

2. Pilih akomodasi yang mudah diakses dengan berbagai macam moda transportasi

Ini memudahkan kamu dalam menyesuaikan pilihan transportasi dengan bujet yang dimiliki. Misalnya, jika liburan ke Bali, Malaysia, atau Thailand, tersedia layanan taksi online airasia ride untuk transportasi dari dan menuju bandara.

Pengguna dapat menikmati beragam promo menguntungkan dan memanfaatkan fitur 'Pemesanan Terjadwal' yang bisa dipakai lintas kota ataupun negara.

3. Berburu paket bundling

Ketimbang pesan hotel dan tiket pesawat secara terpisah, memilih bundling seperti yang ditawarkan dalam paket SNAP airasia MOVE bisa dibilang lebih ekonomis dan praktis.

Paket ini mengombinasikan harga terendah tiket pesawat dari berbagai maskapai global ternama dengan rate hotel terbaik dalam satu pemesanan. 

Paket ini bakal mengalkulasikan jumlah tiket pesawat dan kamar hotel sesuai banyaknya orang yang kamu masukkan secara otomatis. Sistem kemudian akan menyortir pilihan maskapai, jadwal penerbangan, hingga hotel. 

4. Optimalkan program loyalitas

Baca Juga: 10 Kota Destinasi Liburan Favorit, Jadi Incaran Wisatawan untuk Rayakan Tahun Baru 2024

Tips liburan hemat lainnya adalah optimalisasi manfaat poin loyalitas. Serupa miles kartu kredit, program loyalitas terintegrasi airasia rewards memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk mengumpulkan dan menukarkan airasia points pada setiap transaksi di dalam aplikasi, termasuk konversi poin dari platform bank dan mitra lainnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI