5 Tips Mengelola Keuangan di Musim Liburan, Jangan Impulsif Beli Ini-Itu!

Lakukan beberapa tips di bawah ini untuk mencegah masalah kantong kering selama liburan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 24 Desember 2023 icon 16:45 WIB
5 Tips Mengelola Keuangan di Musim Liburan, Jangan Impulsif Beli Ini-Itu!

Liburan bersama keluarga (Pexels/Ron Lach)

Liburan akhir tahun mestinya menjadi momen terbaik untuk melepas penat. Namun, ada saja kecemasan soal pengeloaan keuangan yang rawan berantakan karena terlalu banyak godaan saat pergi berlibur.

Saat liburan, biasanya banyak pengeluaran tidak terduga, salah satunya karena impulsif berbelanja. Namun, hal itu sebenarnya bisa dicegah dengan membuat perencanaan keuangan untuk liburan dengan matang.

Dilansir dari Suara.com, berikut beberapa tips mengelola uang saat liburan dari Manulife Indonesia.

Baca Juga: Banyak Tempat Wisata Ramai Dikunjungi saat Libur Nataru, Ini Destinasi Favorit Pelancong

1. Pelajari destinasi yang hendak dddikunjungi

Langkah penting pertama adalah menentukan destinasi yang sesuai dengan kondisi keuangan. Lakukan riset mendalam dengan membaca artikel, menonton ulasan, dan pelajari segala hal tentang destinasi yang ingin dipilih.

Jangan tergoda menghabiskan uang lebih dari yang dimiliki, apalagi sampai merogoh tabungan atau menggunakan paylater.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Jakarta Cocok untuk Rayakan Tahun Baru, Ajak Orang Tersayang

Liburan ke pantai. (Unsplash/Artem Bali)
Liburan ke pantai. (Unsplash/Artem Bali)

2. Buat budget plan dengan rinci

Buat daftar kebutuhan liburan, mulai dari biaya akomodasi, transportasi, makanan, tempat wisata, hingga belanja oleh-oleh. Kamu akan punya gambaran lebih jelas tentang jumlah uang yang diperlukan. Jangan lupa menambahkan anggaran untuk pengeluaran tidak terduga.

3. Membuka tabungan khusus

Kamu juga bisa membuka tabungan atau rekening khusus untuk keperluan traveling. Disiplin dalam menyisihkan dana khusus ini adalah kuncinya.

Idealnya, mulailah menabung setelah menetapkan destinasi dan merinci bujut. Semakin awal mulai menabung, semakin besar uang yang bisa terkumpul. Supaya konsisten, kamu bisa mengatur transfer otomatis dari rekening gaji ke rekening traveling setiap bulan.

4. Kelola uang dengan bijak selama liburan

Kamu bisa melakukannya dengan menyiapkan alokasi sejumlah uang tunai untuk membatasi pengeluaran dan membantumu lebih disiplin. Bisa juga memanfaatkan aplikasi atau tools keuangan yang bisa bantu melacak pengeluaran secara real-time hingga memberikan insight tentang catatan uang dipakai.

5. Harus selalu siap siaga

Baca Juga: Macet Sih, Tapi Ini 5 Alasan Kawasan Puncak Tetap jadi Destinasi Wisata Populer Liburan Akhir Tahun

Asuransi kesehatan juga memegang peran penting untuk memastikan liburan aman dan nyaman. Walau tak berharap insiden buruk terjadi, punya asuransi kesehatan menjadi langkah antisipatif yang penting. Salah satu solusi asuransi kesehatan yang bisa dipilih adalah MiUltimate HealthCare (MiUHC) dari Manulife Indonesia.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI