Ini Pentingnya Cek Biaya Transaksi ATM saat Liburan di Luar Negeri

Biar pengeluarannya tidak kebablasan, jangan lupa cek biaya transaksi ATM saat liburan di luar negeri.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 29 Desember 2023 icon 08:00 WIB
Ini Pentingnya Cek Biaya Transaksi ATM saat Liburan di Luar Negeri

Ilustrasi mengambil uang di mesin ATM (Pixabay/Peggy und Marco Lachmann-Anke)

Banyak wisatawan memilih tak membawa banyak uang tunai saat liburan ke luar negeri demi keamanan. Selain pembayaran via kartu kredit atau debit, ada pula yang berpikir untuk menarik uang tunai di ATM setempat.

Namun, perlu diketahui bahwa menarik uang di ATM luar negeri berisiko membuatmu rugi karena dikenakan berbagai macam biaya yang seringkali tak terduga.

Umumnya, bank bakal mengenakan biaya tetap untuk setiap penarikan. Hal yang jarang disadari adalah biaya konversi kurs ke mata uang lokal yang merupakan persentase dari jumlah penarikan.

Baca Juga: 4 Zodiak Tak Terlalu Suka Pergi Liburan, Aries Lebih Senang Kerja

Bank mungkin juga mengenakan biaya tambahan karena penarikan uang dilakukan di luar negeri. Nilainya bervariasi, tergantung jenis bank dan akun yang digunakan. Namun saat diakumulasi, bisa membikin biaya penarikan menjadi jauh lebih mahal.  Biaya ATM yang bervariasi dan tak terduga itulah yang bisa memengaruhi pengeluaran saat liburan. 

Ilustrasi perempuan mengenakan tas ransel saat liburan (Freepik/jcomp)
Ilustrasi perempuan mengenakan tas ransel saat liburan (Freepik/jcomp)

Melansir Suara.com, kamu perlu mengetahui rata-rata biaya penarikan ATM pada destinasi liburan luar negeri yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dirangkum oleh Wise, berikut daftar biaya rata-rata penarikan uang tunai dari ATM luar negeri ini yang mencakup biaya di muka (upfront free) dan biaya tersembunyi seperti margin nilai tukar.

1. Asia Tenggara

Baca Juga: 5 Ide Liburan Tahun Baru di Bali, Buat Lebih Seru dan Berkesan

Thailand menjadi destinasi paling mahal untuk melakukan penarikan ATM, yakni dengan biaya 2,62% per transaksi. Sebagai ilustrasi, menarik Rp5 juta di Thailand akan menelan biaya Rp131 ribu. Biaya penarikan ATM lebih rendah di Singapura dan Malaysia, yaitu 1,41% dan 0,03%.

2. Asia Timur

Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, dan Tiongkok juga termasuk destinasi populer. Korea Selatan mengenakan biaya kedua tertinggi setelah Thailand, yakni sekitar 2,55% per transaksi.

Jepang mengenakan biaya yang cukup rendah yakni 0,64%, sedangkan Hong Kong 0,05%, dan Tiongkok hanya 0,01%.

3. Amerika Serikat dan Inggris

Baca Juga: 5 Ide Aktivitas Seru Nikmati Liburan Akhir Tahun, Enaknya Ngapain?

Amerika Serikat mengenakan biaya 1,81% untuk penarikan ATM, sementara Inggris hanya 0,16% setiap transaksi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI