4 Cara Mencegah Kolesterol Naik saat Liburan, Harus Bijak Memilih Makanan

Apa saja yang perlu diperhatikan untuk mencegah kolesterol naik selama masa liburan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 01 Januari 2024 icon 17:00 WIB
4 Cara Mencegah Kolesterol Naik saat Liburan, Harus Bijak Memilih Makanan

Makan burger. (Unsplash/Luísa Schetinger)

Pola makan tidak sehat saat menikmati liburan tahun baru rawan meningkatkan kadar kolesterol dalam butuh. Ini karena makanan yang dikonsumsi biasanya tinggi lemak jenuh.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah Puri Indah, dr. Wirawan Hambali, Sp.PD menerangkan, kolesterol adalah lemak yang beredar di dalam tubuh. Di dalam darah, lemak kolesterol ini dibawa oleh protein dan gabungan keduanya disebut lipoprotein.

"Dalam kadar yang sesuai, kandungan tersebut sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel-sel baru, membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. Selain itu, senyawa ini juga dibutuhkan tubuh untuk proses pencernaan, produksi hormon, dan membentuk vitamin D," jelasnya, dikutip dari Suara.com.

Baca Juga: 4 Makanan Ini Cocok Jadi Teman Minum Soju, Bisa Dinikmati saat Rayakan Tahun Baru

Kadar lipoprotein yang terlalu tinggi bisa membahayakan tubuh, termasuk memicu penyakit dan komplikasi seperti kolesterol. Lalu, bagaimana cara mencegah kolesterol saat liburan?

Sajian frittata, makanan khas Italia (Pexels/Steve House)
Sajian frittata, makanan khas Italia (Pexels/Steve House)

1. Perubahan Gaya Hidup

Usahan untuk tetap menerapkan pola makan sehat dengan menghindari makanan tinggi lemak jenuh, kolesterol, makanan olahan serta makanan tinggi kadar garam dan gula. Jangan sampai liburan berujung penyakit.

Baca Juga: Jangan Lewatkan! 5 Promo Liburan Tahun Baru di Tempat Wisata Seru

"Peningkatan aktivitas fisik juga dapat membantu mencegah dan mengelola gangguan kolesterol. Penting juga untuk menghindari alkohol dan menghentikan kebiasaan merokok," uja dr. Wirawan.

2. Penggunaan Obat-obatan

Dokter bisa meresepkan obat-obatan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol sebelum pergi liburan. Namun, perlu dipahami bahwa penggunaan obat-obatan jenis statin dapat berdampak pada kehamilan.

"Penggunaan obat statin pada wanita usia produktif, terkait dengan manfaat dan risiko yang dapat ditimbulkan, dapat dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam," kata sang dokter.

3. Pemeriksaan Rutin Kolesterol

Pemeriksaan rutin juga penting dilakukan, tentu sesuai dengan petunjuk dokter spesialis penyakit dalam. Prosedurnya bisa berupa pemeriksaan darah profil lipid di laboratorium.

4. Cari Informasi Kesehatan

Tak ada salahnya memperkaya diri dengan informasi tentang gangguan kolesterol dan dampaknya pada kesehatan. Jangan sampai kolesterol kambuh setelah liburan sehingga berisiko mengganggu produktivitas saat harus kembali bekerja.

Baca Juga: Travel Friendly! 5 Rekomendasi Novel Digital Seru untuk Menemani Libur Tahun Baru

"Pengetahuan yang lebih baik dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik terkait dengan kesehatan Anda," tandas dr. Wirawan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI