Banyak Manfaatnya, Ini 7 Soft Skill yang Sebaiknya Kamu Kuasai

Apa itu soft skill? Inilah beberapa soft skill yang sebaiknya kamu miliki.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 05 Januari 2024 icon 19:00 WIB
Banyak Manfaatnya, Ini 7 Soft Skill yang Sebaiknya Kamu Kuasai

Ilustrasi perempuan karier yang percaya diri (Freepik/benzoix)

Memiliki soft skill sudah pasti menjadi bahasan penting. Faktor ini bahkan menjadi bahan pertimbangan banyak perusahaan atau organisasi dalam memilih kandidat calon karyawan atau anggota.

Kandidat dengan soft skill unggul tentunya sangat dibutuhkan dan akan dicari-cari untuk mengisi berbagai jenis profesi. Soft skill merupakan salah satu hal penting yang harus dikembangkan di dalam kehidupan maupun dalam dunia kerja.

Soft skill merujuk kepada sifat dan perilaku calon pekerja yang nantinya berdampak pada keberhasilan dalam pekerjaan mereka.

Baca Juga: Tak Cuma Pilot dan Pramugari, Profesi Ini Rawan Selingkuh di Tempat Kerja

 

Para pekerja profesional kini tak hanya dituntut memiliki kemampuan teknis dasar ataupun hard skill. Kita juga harus bisa untuk berkomunikasi, berkoordinasi, bekerja di bawah tekanan, hingga memecahkan masalah.

Pada dasarnya, soft skill merupakan kumpulan atribut pribadi intra maupun interpersonal yang memungkinkan individu dapat berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dengan orang lain di sekitarnya dalam berbagai situasi.

Kenapa Soft Skill Penting?

Baca Juga: 5 Tips Penting untuk Wanita Karier, Jangan Lupakan Keluarga dan Teman Dekat

Keahlian soft skill menjadi sangat krusial dalam dunia kerja maupun kehidupan sehari-hari. Sebuah kelompok organisasi akan sangat menghargai individu apabila mempunyai keahlian soft skill yang kuat.

Ini karena mereka dipercaya mampu bekerja terutama dalam tim, memimpin, menyelesaikan masalah, serta dapat beradaptasi dengan baik.

Apa Saja Macam-Macam Soft Skill?

Setelah mengetahui pentingnya soft skill, berikut beberapa jenis soft skill yang sebaiknya kamu kuasai, dirangkum Dewiku.com dari berbagai sumber.

1. Berpikir Kritis 

Apa pun jabatan yang ada dalam perusahaan, tentunya mereka menginginkan calon pekerja tersebut memiliki kemampuan dalam menganalisis situasi serta membuat keputusan yang baik.

Kemampuan berpikir rasional dan objektif, baik bekerja secara data, riset, dibutuhkan untuk memahami problem yang ada serta dapat menemukan solusi terbaik.

2. Komunikasi

Keterampilan dalam berkomunikasi sangat penting di berbagai profesi. Ini karena kamu akan selalu butuh berinteraksi dengan orang-orang di lingkungan kerja, baik klien, rekan, pelanggan, anggota tim maupun vendor.

Orang yang memiliki keterampilan berkomunikasi akan merasa mudah, khususnya ketika melalui proses wawancara dan karir secara keseluruhan.

3. Manajemen Waktu

Kemampuan manajemen waktu juga sangat penting agar kamu dapat terhindar dari kondisi stres.

4. Kepercayaan Diri

Memiliki kemampuan untuk percaya pada diri sendiri merupakan hal yang sangat penting. Kamu akan memiliki kekuatan untuk mencapai tujuan.

5. Kepemimpinan

Kemampuan untuk dapat menginspirasi orang lain merupakan bagian penting. Sikap kepemimpinan yang baik tentu akan mempermudah proses dalam mencapai tujuan bersama.

6. Kedisiplinan

Kemampuan kedisiplinan yang baik dengan mengikuti aturan, pedoman serta arahan untuk menyelesaikan tugas tepat waktu. 

7. Penyelesaian Masalah

Perusahaan akan sangat menghargai pekerja yang dapat menyelesaikan masalah dengan cepat dan efektif.

Kemampuan dalam berpikir kritis, melakukan riset terlebih dahulu, manajemen risiko, analisis serta pengambilan keputusan yang tepat akan sangat menentukan hasil tujuan nantinya.

Baca Juga: 3 Zodiak Paling Produktif, Kejar Target Mencapai Impian?

Itulah beberapa jenis soft skill yang perlu kamu kuasai dalam kehidupan sehari-hari. (*Gigih Persada Putra Mahmud)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI