Tangan Ria Ricis Tremor karena Hati Remuk, Memang Ada Kaitannya?

Apa yang menjadi penyebab tangan bisa alami tremor?

By: Risna Halidi icon Sabtu, 06 Januari 2024 icon 12:38 WIB
Tangan Ria Ricis Tremor karena Hati Remuk, Memang Ada Kaitannya?

Ria Ricis. (Revi Cofans Rantung/Suara.com)

Hubungan rumah tangga Ria Ricis dan Teuku Ria tengah menjadi sorotan. Warganet mempertanyakan apakah hubungan keduanya tengah hadapi masalah atau tidak. Terlebih kini

keduanya tidak lagi mengunggah foto berdua meski diduga menjalani umrah bersama. Bukan hanya itu, di sela-sela umrah yang dilakukan, Ria Ricis justru membagikan kabar kurang baik lainnya.

Ria Ricis (Instagram/riaricis1795)
Ria Ricis (Instagram/riaricis1795)

Melalui story ekslusif Instagram yang diunggahnya, Ria Ricis memperlihatkan tangannya yang alami tremor. Dalam caption unggahan itu, Ria Ricis mengaku hatinya hancur sehingga tangannya alami tremor.

Baca Juga: Gaya Ria Ricis Umumkan Jual Rumah, Pakai Gaun Harga Rp25 Juta

"Tremor kambuh, gatau akan sebegininya dampak dari hati yang hancur,” tulis Ria Ricis pada story eksklusif yang diunggah kembali akun @lambe_danu, Jumat (5/12/2023).

Tangan tremor tersebut lantas menjadi sorotan. Pasalnya, Ria Ricis juga menuliskan kalau tangannya tremor karena hatinya yang hancur.

Namun, sebenarnya apa yang menjadi penyebab tangan bisa alami tremor?

Baca Juga: Viral di TikTok, Produk Kosmetik Ini Jadi Suvenir Pernikahan Ria Ricis

Mengutip Halodoc, terkait tangan tremor ini sebenarnya bisa terjadi karena beberapa kondisi. Hal ini karena tangan tremor bisa menjadi tanda atau gejala suatu penyakit tertentu.

Untuk itu, berikut beberapa hal yang menjadi penyebab tangan bisa alami tremor atau bergetar.

1. Kondisi Alami
Tangan tremor rupanya bisa terjadi karena kondisi alami. ahli saraf dari The Neurology Center, James Bernheimer, mengatakan tubuh manusia memiliki getaran alami setiap saat yang disebut tremor fisiologis.Hal ini yang membuat tangan bisa bergetar saat alami aktivitas tertentu.

2. Perubahan Emosi
Tangan bisa menjadi tremor karena adanya perubahan emosi yang dialami. Biasanya kondisi ini karena rasa takut atau marah berlebihan. Emosi kuat tersebut memicu sistem saraf otonom yang membuat tangan alami tremor. Berbagai emosi yang bergejolak ini bertindak sebagai sistem darurat tubuh yang berpotensi sebabkan tangan menjadi gemetar.

3. Gula Darah Rendah
Tangan bisa alami tremor saat kadar gula darah dalam tubuh rendah. Kondisi kadar gula darah yang rendah ini mengganggu fungsi otak sehingga membuatnya alami getaran pada tubuh. Oleh sebab itu, ketika sedang merasa lapar, tangan biasanya akan alami tremor.

4. Kurang Tidur
Tangan alami tremor bisa juga disebabkan karena kurangnya tidur. Otak mengalami gangguan fungsi ketika kurangnya istirahat. Kondisi ini membuat jantung bekerja lebih keras yang meningkatkan risiko tubuh menjadi bergetar lebih keras. Oleh sebab itu, kurang tidur dapat membuat tangan menjadi tremor.

5. Penyakit Parkinson
Kondisi tangan yang tremor bisa juga disebabkan karena alami penyakit parkinson. Penyakit satu ini biasanya dapat diketahui dengan gejala tangan gemetar.

Biasanya penyakit ini dialami para seseorang yang sudah berusia di atas 60 tahun. Bukan hanya tangan, para pengidap parkinson juga merasakan gemetar pada bagian tubuh lain. Padahal anggota tubuh tersebut dalam keadaan diam.

Baca Juga: Ria Ricis dan 3 Youtuber Ini Pernah Pamitan tapi Balik Lagi

(Fajar Ramadhan)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI