Apa Itu Gen Z? Ini 8 Karakteristik yang Umum Dimiliki

Apa saja karakteristik yang biasanya dimiliki orang-orang generasi Z?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 05 Januari 2024 icon 21:00 WIB
Apa Itu Gen Z? Ini 8 Karakteristik yang Umum Dimiliki

Ilustrasi para pekerja dari generasi Z (Freepik/tirachardz)

Beberapa tahun belakangan, semakin populer istilah khusus yang dipakai untuk menyebut berbagai generasi, seperti baby boomer, milenial, dan Gen Z.

Gen Z sendiri dinilai memegang peranan penting di era perkembangan transformasi digital saat ini. Lantas, apa yang kamu ketahui tentang Gen Z?

Generasi Z atau Gen Z adalah istilah untuk kelompok orang yang lahir antara tahun 1996-2012. Mereka merupakan generasi yang tumbuh berkembang di era transformasi digital, di mana teknologi benar-benar sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan.

Baca Juga: Thariq Halilintar Dibilang Love Bombing Aaliyah Massaid, Apa Itu?

Golongan yang termasuk sebagai generasi Z ini umumnya sangat update terhadap isu terbaru. Nyatanya, kehidupan mereka tidak akan terlepas dari perkembangan isu di media sosial.

Gen Z dikenal juga sebagai kelompok yang kritis. Mereka terbiasa dengan perkembangan teknologi sejak usia dini, terutama berkat kehadiran internet dan media sosial. Ini membuat mereka punya pemahaman yang luas dibanding generasi sebelumnya. 

Karakteristik Generasi Z

Baca Juga: Apa Itu Skin Genomic Research? Pahami Kebutuhan Kulit Masyarakat Indonesia secara Genetik

Setiap generasi tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ini karena mereka tumbuh dan berkembang sesuai dengan keadaan serta pengaruh lingkungan sekitar.

Lantas, bagaimana karakteristik utama bagi generasi Z?

Gen Z memiliki karakteristik yang berbeda dengan beberapa generasi sebelumnya.  Berikut ini beberapa karakteristik Gen Z yang telah dirangkum dari berbagai sumber: 

1. Aktif dan Inovatif

Generasi Z cenderung dikenal sebagai golongan yang aktif serta inovatif. Mereka sangat suka untuk memahami dan mempelajari hal-hal baru.

Mereka tumbuh di dalam lingkungan digital yang penuh akan informasi. Selain itu, ada banyak kesempatan untuk dapat mengembangkan kreativitas masing-masing.

2. Cara Komunikasi

Generasi ini memiliki cara komunikasi yang berbeda dengan pendahulunya. Mereka sudah terbiasa menggunakan media sosial sebagai alat berinteraksi maupun bertukar informasi.

Kemampuan Gen Z dalam mengolah dan menggunakan teknologi sudah sangat efektif serta dapat menjadi kunci bagi perkembangan transformasi digital saat ini.

3. Suka Berkolaborasi

Gen Z dikenal sebagai generasi yang suka untuk berkolaborasi. Mereka cenderung aktif dalam sebuah tim dan mudah membangun interaksi yang erat dengan rekannya.

4. Mudah Beradaptasi

Karakteristik lain yang dimiliki Gen Z adalah kemampuan mobilitas dan fleksibilitas. Mereka dapat dengan mudah beradaptasi terhadap lingkungan secara cepat dan dinamis.

5. Multitasking

Gen Z biasanya juga memiliki kemampuan multitasking yang baik. Mereka dapat mengerjakan berbagai tugas sekaligus, termasuk membagi perhatian terhadap tanggung jawabnya secara efisien.

6. Toleransi Tinggi

Generasi Z cenderung toleran terhadap perbedaan kultur dan sangat peduli dengan lingkungan sekitar. Tanpa diragukan lagi, Gen Z akan menjadi generasi yang paling beragam dan mudah memasuki pasar lapangan kerja.

7. Mandiri

Gen Z dikenal sebagai kelompok yang lebih mandiri daripada generasi sebelumnya. Mereka cenderung menentukan keputusan menurut pendapatnya sendiri daripada berkomunikasi dengan orang tua.

8. Kepekaan Sosial

Gen Z juga sering dianggap sebagai generasi yang peka sosial. Mereka dapat terlibat dalam berbagai isu sosial dan politik. Generasi ini juga sering kali menggunakan media sosial sebagai platform untuk menyuarakan pendapat dan menyebarkan informasi.

Baca Juga: Apa Itu Safety Shoes? Penting untuk Meningkatkan Keselamatan Kerja

Itulah beberapa karakteristik Gen Z. Meski begitu, penting untuk dipahami bahwa tidak semua individu dalam suatu generasi akan memiliki ciri-ciri yang sama. (*Gigih Persada Putra Mahmud)

BERITA TERKAIT