Apa Itu Overthinking? Simak 6 Cara Mengatasinya

Bagaimana cara mengatasi overthinking yang kerap bikin seseorang merasa lelah sendiri?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 07 Desember 2023 icon 12:30 WIB
Apa Itu Overthinking? Simak 6 Cara Mengatasinya

Ilustrasi perempuan sedang berpikir. (Unsplash/Shine Tang)

Banyak orang mengalami overthinking yang sangat menguras energi. Efeknya bahkan bisa sampai mengganggu produktivitas sehari-hari.

Secara umum, overthinking diartikan sebagai perilaku atau kebiasaan memikirkan sesuatu yang berlebihan. Jika dibiarkan, kondisinya bisa menjadi semakin parah hingga memengaruhi kesehatan mental.

Berpikir sebelum melakukan apa pun memang baik, tetapi dapat merugikan diri sendiri jika berlebihan. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Baca Juga: Membaca Buku Bantu Memahami Pentingnya Kesehatan Mental, Ini Rekomendasinya

Ilustrasi berpikir. (Unsplash/Ben White)
Ilustrasi berpikir. (Unsplash/Ben White)

Cari Tahu Pemicunya

Meski tidak mudah, coba cari tahu hal-hal apa saja yang bisa membuatnya memikirkan sesuatu secara berlebihan.

Selesaikan masalah yang mengganggu ketenanganmu. Harapannya, kamu tidak perlu berlarut-larut memikirkan segala perkara yang menyita pikiran dan tenagamu.

Baca Juga: Bukan Cuma Tidur, 4 Jenis Istirahat yang Kamu Butuhkan untuk Melepas Lelah

Alihkan Perhatian

Daripada hanya memikirkan satu masalah untuk waktu yang tidak terbatas, coba alihkan perhatianmu sejenak.

Carilah sesuatu untuk mengalihkan perhatianmu. Ini juga mungkin membantumu untuk lebih fokus pada sesuatu yang lebih produktif.

Cobalah untuk Berpikiran Terbuka

Ini bisa membantumu dalam mencari solusi dari permasalahan yang ada. Lihat masalah tersebut dengan sudut pandang berbeda sehingga bisa menemukan cara terbaik untuk mengatasinya.

Tantang Pikiran Negatif

Pahamilah bahwa semua kekhawatiran dalam pikiranmu adalah sesuatu yang belum tentu menjadi kenyataan. Tidak semuanya merujuk pada kebenaran, akurat, atau bahkan realistis.

Kamu bisa mempelajari cara membingkai ulang pikiran dengan lebih positif untuk membantu menghilangkan overthinking.

Meditasi 

Meditasi dapat menjadi cara alternatif untuk mengarahkan pikiranmu pada hal yang lebih positif. Tujuannya adalah melatih otak melepaskan pikiran-pikiran negatif yang kerap menyebabkan stres dan depresi.

Dengan meditasi, kamu akan merasa jauh lebih mudah untuk berhenti memikirkan sesuatu secara berlebihan sebelum menjadi masalah serius.

Coba lakukan meditasi selama 10-15 menit untuk menghentikan pikiran buruk dan kekhawatiran yang mengganggu.

Berbicara dengan Orang Lain

Daripada memikirkan sesuatu secara berlebihan sendirian, kamu bisa coba untuk berbagi pikiran tersebut dengan orang di sekitarmu.

Mengungkapkan kecemasan atau pikiran yang mengganggu dapat membantumu meredakan beban secara emosional. Kamu juga bisa memiliki pandangan baru dari permasalahan yang sedang dihadapi.

Baca Juga: Pasanganmu Pelaku Gaslighting? Simak 4 Cara Lepas dari Hubungan Asmara Tidak Sehat

Berpikir adalah hal yang esensial dan mungkin dilakukan bagi setiap manusia. Namun, jika overthinking tiada henti telah mengganggu aktivitas sehari-hari, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan tenaga profesional, seperti konselor atau psikolog. (*Gigih Persada Putra Mahmud)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI