Atta Halilintar Pasang Badan untuk Aurel Hermansyah, Ini 3 Peran Ayah Dukung Ibu Menyusui

Apa saja bentuk dukungan yang bisa diberikan suami kepada istrinya setelah melahirkan dan menjadi ibu menyusui?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 07 Januari 2024 icon 12:30 WIB
Atta Halilintar Pasang Badan untuk Aurel Hermansyah, Ini 3 Peran Ayah Dukung Ibu Menyusui

Pasangan seleb, Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah (Instagram/attahalilintar)

Atta Halilintar tak ragu membela Aurel Hermansyah saat mendapatkan body shaming dari waragnet. Ayah dua anak ini menegaskan bahwa perempuan yang baru seperti istrinya sangat wajah bertubuh gemuk.

"Namanya ibu baru lahiran, kalau ibunya mau egois, dia bisa aja diet nggak mau nyusuin anaknya. Dia itu memperjuangkan ASI untuk anaknya, dan dia nggak boleh diet, dia harus makan-makanan bergizi, makan sering-sering karena cepat lapar. Kan nyusuin anak itu nggak mudah," ungkap Atta dalam sebuah video di akun TikTok miliknya.

Apa yang dilakukan Atta adalah salah satu bentuk dukungan suami terhadap istrinya di masa menyusui. Memang tidak mudah menjadi ibu menyusui sehingga membutuhkan dukungan dari orang-orang di sekitarnya, tentu saja tak terkecuali suami.

Baca Juga: Liburan ke Korea Selatan, Aurel Hermansyah Tenteng Tas Rp500 Jutaan

Ilustrasi ibu menyusui (Freepik/freepic.diller)
Ilustrasi ibu menyusui (Freepik/freepic.diller)

"Ayah bisa memainkan peran penting dalam mendukung rasa percaya diri istri menyusui dengan memuji upaya mereka dan memberikan kata-kata dorongan maupun semangat," ujar seorang peneliti bernama dr. Pankaj Desai, dilansir dari laman Waba.

Apa saja yang dapat dilakukan suami untuk istrinya yang sedang menyusui? Menurut dr. Desai, berikut beberapa caranya.

1. Membawakan bayi ke ibunya

Baca Juga: Liburan ke Korea Selatan, Aurel Hermansyah Cantik Pakai Hanbok

Saat istri kelelahan dan cuma terbaring di tempat tidur, seorang ayah dapat membawa si bagi yang ingin menyusu ke arah ibunya. Dekatkan posisi mereka agar proses menyusui lebih mudah dan lancar.

2. Membuat bayi bersendawa

Ketika bayi pertama kali menyusu dengan posisi miring, ayah dapat membuat bayi bersendawa dengan cara menepuk punggungnya secara perlahan.

Ayah juga bisa membantu mengganti posisi bayi ke payudara ibu yang lainnya. Tujuannya adalah membuat bayi dan ibu sama-sama merasa nyaman saat menyusui. Setelah proses menyusui selesai, ayah dapat menggendong bayi untuk kembali diletakkan dalam boksnya.

3. Mengajak bayi berkomunikasi

Baca Juga: Gaya Geni Faruk di Masjid Nabawi Curi Perhatian, Branded Serba Gucci

Tentu saja seorang ayah perlu secara aktif berinteraksi dengan bayi dan istri. Ini dilakukan agar terjalin ikatan pengasuhan atau bonding dengan buah hati sejak dini.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI