Heboh Video Cuci Daging Pakai Sabun, Boleh atau Tidak?

Apakah mencuci daging pakai sabun memang sesuatu yang aman dilakukan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 07 Januari 2024 icon 16:15 WIB
Heboh Video Cuci Daging Pakai Sabun, Boleh atau Tidak?

Ilustrasi potongan daging ayam mentah (Freepik/jcomp)

Konten memasak unggahan Abdi MasterChef Indonesia season 10 menuai kontroversi. Pasalnya, koki yang akrab disapa King Abdi itu terlihat mencuci daging ayam mentah dengan sabun.

Pada video yang dibagikan, terlihat proses membuat chicken steak. Sebelum dimasak, daging ayam mentah tampak dicuci pakai sabun hingga berbusa.

"Kaget, ayam disabunin," komentar seorang warganet.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Camilan Rendah Kalori, Gampangnya Kebangetan

"Sabunnya yang food grade ya, teman-teman," tulis warganet lain di kolom komentar.

Pertanyaannya, apakah boleh mencuci daging mentah? Penelitian Departemen Pertanian Amerika (USDA) menyebutkan bahwa mencuci ataupun membilas daging mentah meningkatkan kontaminasi silang di dapur. Ini dapat menyebabkan munculnya penyakit bawaan makanan.

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh ahli diet klinis, Anya Hill. Dia menyarankan untuk tidak mencuci daging mentah sebelum mengolahnya.

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Kolesterol Naik saat Liburan, Harus Bijak Memilih Makanan

"Beberapa orang berpikir bahwa mereka mestinya mencuci daging dan ayam sebelum dimasak. Saya menyarankan untuk tidak mencucinya karena itu berisiko menyebarkan bakteri ke dapur dan tubuh Anda sendiri," ungkap Anya Hill, dilansir dari Mayo Clinic.

Artikel terbitan USDA juga menyinggung soal larangan mencuci daging menggunakan sabun atau deterjen. Hal tersebut dapat mencemari makanan dengan bahan kimia yang malah membuatnya tak aman dikonsumsi.

Ketimbang mencuci, ada cara yang lebih baik dan minim risiko kesehatan untuk menyiapkan daging mentah sebelum dimasak. Berikut beberapa langkahnya.

Baca Juga: 4 Makanan Ini Cocok Jadi Teman Minum Soju, Bisa Dinikmati saat Rayakan Tahun Baru

  • Pastikan talenan serta pisau yang dipakai dalam keadaan bersih.
  • Kalau ingin mengurangi darah atau cairan lainnya, tepuk-tepuk daging mentah dengan tisu.
  • Segera cuci dan sterilkan pisau serta talenan yang digunakan untuk memotong daging mentah.
  • Cuci tangan sampai bersih menggunakan sabun selama 20 detik.
  • Masak daging hingga suhu tertentu untuk membunuh bakteri di dalamnya. Suhu yang disarankan adalah 160°F (daging giling), 165°F (semua unggas, termasuk ayam), dan 145°F (daging lain termasuk sapi, babi, domba, ikan, makanan laut)

USDA juga merekomendasinya untuk menyiapkan bahan makanan lain sebelum mengolah daging dengan cara yang benar. Tujuannya adalah menimalisir kemungkinan bahan makanan lainnya terkontaminasi daging mentah.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI