5 Tips Memilih Telur Berkualitas, Perhatikan Cangkangnya

Bagaimana cara memilih telur yang bagus dan berkualitas? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 07 Januari 2024 icon 18:00 WIB
5 Tips Memilih Telur Berkualitas, Perhatikan Cangkangnya

Mengupas telur rebus (Pixabay/happyrich358)

Telur adalah salah satu bahan makanan yang diandalkan banyak orang. Penting untuk memahami cara mendapatkan telur yang bagus, sehat, dan berkualitas tinggi

Jangan asal membeli telur. Menurut aplikasi belanja daring Titipku, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat memilih telur. Dilansir dari Suara.com, berikut beberapa tips yang bisa jadi pertimbangan.

1. Cek Kepekatan Warna Cangkang

Baca Juga: 5 Cara Membuat Camilan Rendah Kalori, Gampangnya Kebangetan

Perhatikan warna cangkang telur. Jika pekat dan cerah, artinya telur berkualitas. Jika sudah tampak mengkilap, biasanya menandakan telur itu sudah disimpan lama.

Perhatikan pula telur yang ada bintik-bintik pada cangkangnya. Ada kemungkinan itu adalah jamur yang sudah menempel di telur, jadi sebaiknya jangan dibeli.

Memecahkan telur. (Pixabay/Emir Krasni)
Memecahkan telur. (Pixabay/Emir Krasni)

2. Jika Tertera, Cek Tanggal Kedaluwarsa Telur

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Kolesterol Naik saat Liburan, Harus Bijak Memilih Makanan

Beberapa produsen telur menuliskan tanggal kedaluwarsa pada bagian tatakan. Perhatikan informasi tersebut. Pilih telur yang masih dalam batas tanggal kedaluwarsa sebagai jaminan bahwa bahan makanan masih segar dan aman untuk dikonsumsi.

Tanggal kedaluwarsa biasanya terdapat pada produk telur omega atau telur khusus yang harganya lebih mahal dari telur ayam biasa.

3. Pilih Ukuran Telur sesuai Kebutuhan

Telur umumnya diklasifikasikan berdasarkan ukuran, seperti besar, sedang, atau kecil. Pilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhanmu. Sebagian resep mungkin butuh telur besar, sementara lainnya lebih baik pakai telur sedang atau kecil.

Namun, hindari membeli telur yang terlalu kecil karena biasanya menandakan bahwa itu adalah hasil dari ayam yang masih muda. Cangkangnya bisanya keras dan tebal. Ukuran kuning telurnya juga cenderung lebih kecil sehingga mungkin membuatmu merasa rugi saat melihatnya.

4. Hindari Telur yang Cangkangnya Retak

Telur yang utuh tanpa retakan pada cangkangnya cenderung lebih segar dan aman dikonsumsi. Meski cuma retak sedikit, kondisi itu bisa membuat bakteri dan udara masuk ke dalam telur sehingga mudah rusak dan busuk.

5. Merendam Telur dalam Air untuk Cek Kesegaran

Tips satu ini memang tidak bisa dicoba saat melakukan transaksi, tetapi bisa jadi salah satu pertimbangan. Caranya, siapkan gelas/wadah tinggi yang diisi dengan air. Masukkan telur, lalu perhatian kondisinya di dalam air.

Baca Juga: 4 Makanan Ini Cocok Jadi Teman Minum Soju, Bisa Dinikmati saat Rayakan Tahun Baru

Jika tenggelam ke dasar wadah dengan posisi tertidur, artinya telur dalam kondisi yang baik. Jika terapung, telur itu sudah tidak bagus kualitasnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI