4 Tips Sukses Resolusi Sehat Tahun 2024, Segera Mulai dari Sekarang

Terapkan beberapa tips di bawah ini dan lihat bagaimana hasilnya pada akhir tahun nanti.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 08 Januari 2024 icon 07:00 WIB
4 Tips Sukses Resolusi Sehat Tahun 2024, Segera Mulai dari Sekarang

Olahraga peregangan otot. (Unsplash/Jacob Postuma)

Sudah menetapkan resolusi tahun baru 2024? Salah satu hal yang sering menjadi dijadikan resolusi tahun baru adalah bertekad memulai hidup sehat.

Sayangnya, resolusi seringkali hanya berakhir wacana. Tidak ada realisasi yang signifikan hingga akhir tahun. Bagaimana cara mengatasinya?

Head of Department Underwriting Sequis, dr. Fridolin Seto Pandu mengungkapkan, resolusi sehat sebaiknya tidak ditunda pelaksanaannya. Sakit datangnya tak bisa ditebak. Jadi, ketika tubuh masih bugar dan sehat, harus segera dilakukan.

Baca Juga: Bukan Wacana, 5 Zodiak Ini Konsisten Wujudkan Resolusi Tahun Baru

"Selagi masih awal tahun, tekadkan diri Anda menjalankan gaya hidup sehat sejak bangun pagi. Banyaklah bergerak meski Anda adalah karyawan kantor yang sibuk. Jangan lupa perhatikan asupan agar terhindar dari berbagai penyakit degeneratif, yakni penyakit kronis yang dapat terjadi karena menurunnya fungsi organ atau jaringan," ungkapnya, dilansir dari Suara.com.

Ilustrasi perempuan melakukan olahraga jalan kaki di pagi hari (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi perempuan melakukan olahraga jalan kaki di pagi hari (Pixabay/Pexels)

1. Mulai Konsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang

Makanan enak memang. Namun, tak ada salahnya mulai mengatur pola makan dan memilih jenis asupan yang sehat. Makanan adalah sumber energi yang penting bagi tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Hidup Hemat, Bukan Cuma Bikin Keuangan Stabil

Di sisi lain, makanan bisa menjadi sumber penyakit jika tidak higienis, dikonsumsi berlebihan, dan tak mengandung nilai gizi esensial bagi tubuh, serta kebanyakan mengonsumsi makanan olahan.

2. Tingkatkan Aktivitas Fisik

Mulai dengan lebih sering bergerak, berjalan kaki, dan naik turun tangga. Pada hari libur, sebaiknya jadikan olahraga sebagai kegiatan rutin.

"Mulailah beraktivitas dan berolahraga ringan dengan intensitas rendah sekitar 30 menit per hari (150 menit per minggu), lalu tingkatkan menjadi intensitas sedang. Bagi yang sudah terbiasa olahraga dan kondisi badan dalam keadaan bugar tidak menjadi masalah jika ingin meningkatkan olahraga dengan intensitas berat," ujar dr.Fridolin.

Penting juga untuk memperbanyak latihan kekuatan otot. Manfaat banyak, termasuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan diabetes, meningkatkan kepadatan tulang, dan menurunkan lemak tubuh.

3. Manajemen Stres

Stres perlu dikelola agar tidak berdampak negatif pada kesehatan. Jalankan serangkaian program dengan teknik khusus, seperti meditasi, yoga, atau olahraga relaksasi untuk mengatasi stres.

"Stres dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Saat kekebalan tubuh menurun akan mudah terserang penyakit. Kita perlu mengetahui tubuh kita sendiri agar dapat menghindari hingga mengelola stres. Libatkan anggota keluarga sebagai sistem pendukung agar saat ada tekanan dari luar, tidak sampai mengganggu emosi dan mental serta terhindar dari depresi," terangnya.

4. Rutin Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Baca Juga: Lebih Ramah Lingkungan, Ini Kelebihan Slow Fashion

Ini sangat dianjurkan untuk mendeteksi gangguan kesehatan sejak dini sehingga memungkinkan penanganan medis lebih cepat. Lakukan pemeriksaan kesehatan setidaknya setahun sekali atau sesuai saran dokter untuk mendeteksi tanda awal masalah kesehatan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI