Fadil Jaidi Tak Tega Makan Cumi Mentah di Thailand, Sebenarnya Aman Dikonsumsi atau Tidak?

Apa saja efek makan cumi mentah seperti yang enggan dilakukan Fadil Jaidi saat liburan ke Thailand?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 09 Januari 2024 icon 18:00 WIB
Fadil Jaidi Tak Tega Makan Cumi Mentah di Thailand, Sebenarnya Aman Dikonsumsi atau Tidak?

Fadil Jaidi (Instagram/fadiljaidi)

Liburan ke Bangkok, Thailand, Fadil Jaidi tak mau melewatkan kesempatan untuk wisata kuliner. Namun, ada makanan yang membuatnya ragu, yakni squid shot yang merupakan kuliner cumi mentah.

Mmomen Fadil Jaidi urung makan squid shot terlihat dalam video unggahan akun TikTok pakmuhfamily. Cumi yang disuguhkan dalam gelas tampak masih bergerak.

"Enggak, dia masih hidup. Maaf aku mengecewakan," ucap Fadil yang memutuskan tidak memakan sajian mentah tersebut.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Stonehenge, Situs Bersejarah yang Dikunjungi Azizah Salsha

Squid shot terkenal sebagai salah satu kuliner yang populer di kalangan wisatawan Thailand. Pedagang menyajikan cumi-cumi kecil yang masih hidup dalam sebuah tempat berisi saus seafood yang khas.

Cumi-cumi akan dibuat menghisap saus sebelum dimakan hidup-hidup. Konsumen bisa menggigit kepala cumi terlebih dahulu, lanjut badannya. Bisa juga dimakan utuh jika cumi-cuminya cukup kecil.

Walau jadi tren di kalangan turis, mengonsumsi squid shot rupanya sangat tidak dianjurkan. Dilansir dari laman berita Thailand, The Nation, konsumsi seafood mentah memungkinkan vibrio parahaemolyticus masuk ke dalam tubuh. Ini adalah sejenis bakteri yang banyak ditemukan pada lumpur laut.

Baca Juga: 5 Gaya Pevita Pearce Main ke Pantai, Selalu Cantik dan Estetik

"Ini bisa menyebabkan sakit perut, diare, dan keracunan makanan. Dalam kasus yang serius, hal ini dapat menyebabkan tukak di lambung dan usus," papar Direktur Jenderal Departemen Kesehatan Dr Suwanchai Wattanayingjaroenchai.

Seafood seperti cumi-cumi, udang, dan kerang yang dikonsumsi mentah juga dapat mengandung parasit, misalnya Anisakis spp. dan Diphyllobothrium. Di Thailand, keduanya ditemukan pada lebih dari 50 jenis makanan laut.

Baca Juga: 7 Outfit Nagita Slavina, Selalu Mewah saat Liburan ke Luar Negeri

"Jika mengonsumsi makanan yang masih mengandung parasit tersebut, penderita akan mengalami sakit perut, perut kembung, mual, dan gejala lain yang mirip dengan gejala maag," terangnya kemudian.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI