3 Manfaat Makanan Pedas, Ternyata Bisa Bikin Panjang Umur

Inilah beberapa manfaat makanan pedas yang masih jarang diketahui.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 16 Januari 2024 icon 18:00 WIB
3 Manfaat Makanan Pedas, Ternyata Bisa Bikin Panjang Umur

Sajian ceker mercon (Pexels/kelvin agustinus)

Makanan pedas jadi favorit banyak orang. Tidak cuma cabai, rasa pedas juga bisa dihadirkan dengan penggunaan bahan paprika atau rempah dapur seperti jahe dan merica.

Apakah kamu termasuk orang yang suka makan pedas? Nyatanya, mengonsumsi makanan pedas memiliki banyak manfaat kesehatan.

Selama ini, banyak orang mengira makanan pedas hanya bermanfaat menambah selera makan. Rasanya makan jadi semakin lahap meski hanya menambahkan sedikit sambal.

Baca Juga: Resep Capcay Paling Simpel, Cocok Jadi Bekal Makan Siang ke Kantor

Meski demikian, manfaat makanan pedas bukan hanya meningkatkan nafsu makan. Dilansir dari laman Health, berikut beberapa di antaranya.

Sambal pedas (Freepik/KamranAydinov)
Sambal pedas (Freepik/KamranAydinov)

1. Membantu menurunkan berat badan

Pada sebuah ulasan studi tahun 2022 disebutkan bahwa makanan pedas mengandung capsaicin yang dapat menurunkan nafsu makan.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Telur Berkualitas, Perhatikan Cangkangnya

Walau demikian, ini bukan berarti jaminan bahwa seseorang yang banyak menyantap makanan pedas akan terlindungi dari obesitas jangka panjang. Makan berlebihan tentu saja tetap tidak disarankan.

2. Bisa memperpanjang umur

Apa yang membuat makanan pedas bisa bikin lebih panjang umur? Hal ini dikaitkan dengan efek antioksidan dan anti inflamasi dari capsaicin yang terkandaung dalam cabai hingga paprika.

Selain itu, berdasarkan studi tahun 2021, para peneliti menemukan bahwa penikmat makanan pedas mengalami penurunan risiko kematian dari semua akibat kesehatan sebesar 12 persen, dibandingkan dengan mereka yang tak rutin menyantap makanan pedas.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Beberapa studi menunjukkan manfaat makanan pedas yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Keduanya merupakan kondisi yang bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Heboh Video Cuci Daging Pakai Sabun, Boleh atau Tidak?

Sebuah studi tahun 2022 juga menemukan fakta bahwa makanan pedas dan paprika berperan dalam meningkatkan adrenalin sehingga menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung atau stroke.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI