Mau Liburan ke Dubai? Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum liburan ke Dubai, perhatikan beberapa hal penting di bawah ini.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 22 Januari 2024 icon 08:15 WIB
Mau Liburan ke Dubai? Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan

Wisata ke Dubai semakin diminati. (Freepik/vector_corp)

Salah satu destinasi liburan ke luar negeri yang semakin diminati masyarakat Indonesia adalah Dubai. Meski begitu, tentu saja ada berbagai hal yang perlu diketahui sebelum kamu terbang ke sana.

Dubai merupakan kota terpadat di Uni Emirat Arab (UEA). Wisata ke Dubai disukai karena memberikan pengalaman dan sensasi berada di kota masa depan.

Mau jalan-jalan ke Dubai? Dirangkum dari Suara.com, berikut beberapa hal yang perlu disiapkan.

Baca Juga: Liburan ke Vietnam, Jessica Jane Bocorkan Harga Sewa Kamar Hotel Mewahnya

1. Informasi penting tentang visa

Setelah mengamankan tiket pesawat, kamu juga mesti bergegas memilih hotel. Namun, jangan sampai lupa mendapatkan visa. Ada berbagai pilihan visa, tergantung kebutuhan. Secara umum, visa turis sekali masuk sudah cukup untuk dapat berkunjung ke Dubai.

Ilustrasi pesawat. (Pixabay/DaniloBueno)
Ilustrasi pesawat. (Pixabay/DaniloBueno)

Di bawah ini adalah sejumlah persyaratan untuk memudahkan proses pengajuan visa:

Baca Juga: 4 Tips Work Life Balance, Boleh Kerja Keras tapi Jangan Lupa Istirahat

  • Paspor yang masih berlaku setidaknya enam bulan sebelum kedatanganmu di Dubai
  • Tiket perjalanan yang menunjukkan perjalanan pergi dan pulang ke tempat tinggal pemegangnya saat ini
  • Untuk visa transit, pastikan tidak melebihi jangka waktu visa
  • Menyertakan foto pribadi terbaru (foto visa dengan latar belakang putih berukuran 43mm x 55mm)
  • Asuransi kesehatan yang masih berlaku
  • Unggah salinan paspor

2. Akomodasi tempat menginap

Sambil menunggu prosedur visa, kamu bisa menentukan lokasi menginap di Dubai. Ada lebih 700 hotel yang bisa dipilih, mulai dari tipe mewah hingga pilihan yang lebih terjangkau.

Jika menghendaki lokasi strategis, pertimbangkan untuk menginap di kawasan Downtown Dubai. Ini adalah pusat bagi berbagai atraksi ikonik dan kemegahan arsitektur Dubai, seperti Burj Khalifa, Dubai Mall, dan The Dubai Fountain.

3. Penukaran mata uang

Mata uang resmi di Dubai adalah Dirham (AED). Sebagian besar toko dan restoran di Dubai memang telah menerima kartu debit dan kredit internasional Visa maupun Mastercard.

Walau begitu, ada beberapa kartu internasional yang mengenakan biaya tetap per transaksi. Pastikan kamu bertanya kepada pihak bank untuk memastikan biaya yang dikenakan. Disarankan untuk membawa uang tunai secukupnya, biasanya untuk pembelian di pasar tradisional.

4. Barang yang wajib dibawa

Pada musim panas (Juni-Agustus), siapkan busana yang berbahan ringan dan gampang menyerap keringat. Pada periode yang lebih dingin (Oktober-Mei), sebaiknya bawa pakaian berlapis tipis untuk malam hari yang cukup dingin.

Selain itu, walau Dubai dikenal sebagai kota kosmopolitan, kamu tetap harus menghormati adat istiadat setempat dengan berpakaian sopan di ruang publik. Pilih busaha longgar yang menutupi bahu dan dada.

5. Pengisi daya ponsel

Pastikan ponsel siap untuk setiap petualangan seru di Dubai. Selain memastikan baterai terisi penuh sebelum jalan-jalan, jangan lupa bawa pengisi daya portabel.

Kamu bisa mengunduh aplikasi penting, seperti peta dan alat penerjemah luring. Perhatikan pula tipe piranti elektronikmu. Pasalnya, Dubai menggunakan listrik 220v 50Hz dengan colokan tipe G.

6. Pastikan ada koneksi internet

Baca Juga: Wulan Guritno Liburan di Bali, Pamer Body Goals Pakai Bikini Gucci

Saat kedatangan, pemegang visa turis akan mendapatkan kartu SIM prabayar gratis dari DU di bagian imigrasi. Kamu pun bisa memilih berbagai paket roaming dan data yang terjangkau dari Etisalat dan Virgin Mobile. Jika lebih pilih mengandalkan Wi-Fi, Dubai punya berbagai titik Wi-Fi publik gratis dan aman di destinasi populer. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI