Cinta Laura Gosok Gigi 5 Menit, Terlalu Lama atau Masih Normal?

Berapa durasi ideal gosok gigi? Apakah yang dilakukan Cinta Laura terbilang biasa?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 22 Januari 2024 icon 15:30 WIB
Cinta Laura Gosok Gigi 5 Menit, Terlalu Lama atau Masih Normal?

Cinta Laura (Instagram/claurakiehl)

Aktris Cinta Laura punya kebiasaan gosok gigi hingga lima menit. Dia melakukannya untuk menjaga kesehatan gigi secara optimal.

"Bisa sampai 5 menit karena aku orangnya paling detail soal kebersihan gigi. Aku paling nggak tahan lihat karang gigi," ujar Cinta Laura, mengutip cuplikan video yang diunggah ulang akun Instagram lambegosiip.

Cinta Laura sangat mementingkan kesehatan gigi sejak remaja. Kebiasaan sikat giginya kemudian terbawa hingga dewasa. Fakta bahwa dirinya berkarier di dunia hiburan semakin membuatnya ingin memastikan setiap detail penampilan agar selalu enak dipandang.

Baca Juga: Cinta Laura Liburan ke Vietnam, Foto Pose Lesehan Tetap Estetik

"Jadi itu selalu terbawa sampai aku berdandan, membersihkan diri, dan sebagainya," imbuhnya.

Sesuai nasihat dokter, Cinta Laura gosok gigi dua kali sehari, yakni pada pagi hari dan malam sebelum tidur. Dia juga mengoptimalkannya dengan melakukan flossing.

"Itu penting banget supaya gigi kita enggak bolong, bau mulut. Itu semua kulakukan," tandasnya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Smartwatch Terbaik 2023, Bikin Gaya Kerenmu Lebih Modis

Rajin gosok gigi adalah cara efektif menjaga kebersihan gigi dan mulut. Malas melakukannya bisa berujung masalah serius, seperti periodintis atau gingivitis. Namun, apakah kita harus gosok gigi selama lima menit seperti Cinta Laura?

Dilansir dari Times of India, mayoritas orang cuma menggosok gigi selama 30-45 detik. Padahal, banyak dokter gigi menyarankan untuk menyikat gigi selama dua menit. Gosok gigi rahang atas dan bawah selama masing-masing semenit.

Meski begitu, durasi sikat gigi bisa berbeda pada setiap orang, tergantung kondisi gigi dan mulut. Misalnya, orang punya gigi dengan susunan lebih berantakan atau menggunakan behel bisa butuh waktu lebih lama.

Cara menyikat dan alat yang digunakan juga penting. Sangat dianjurkan untuk memilih sikat dengan bulu yang lembut. Perlu diketahui, bulu yang keras dapat memicu abrasi pada email gigi dan menyebabkan gigi sensitif.

Baca Juga: Mau Coba Makan Pepaya dengan Bijinya Seperti Inul Daratista? Pahami Manfaat dan Risikonya

Selain itu, tak perlu menekan terlalu kuat saat gosok gigi. Tindakan seperti itu justru tidak disarankan karena dapat merusak email gigi maupun jaringan gusi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI